4 Cara Merawat Mobil Berwarna Hitam di Musim Hujan, Wajib Dicatat!
Ilustrasi mobil warna hitam (Foto: Pixabay/Reverent)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Mobil berwarna hitam sampai saat ini masih menjadi pilihan favorit banyak orang, karena dapat memberikan kesan elegan, mewah, dan maskulin. Kendati demikian, mobil warna hitam lebih sensitif terhadap munculnya flek pada permukaannya ketimbang dengan warna lainnya, terlebih bila kerap terpapar air hujan. Air hujan memiliki sifat asam, sehingga akan meninggalkan bekas flek atau bercak bila tak segera dibersihkan. Lantas, bagaimana cara merawat mobil berwarna hitam di musim hujan?

Cara Merawat Mobil Berwarna Hitam di Musim Hujan

Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis, 23 November 2023, berikut cara merawat mobil berwarna hitam di musim hujan:

1. Rajin mencuci mobil

Mobil berwarna hitam yang kerap terpapar air hujan harus sering dicuci. Hal ini dilakukan agar cat mobilnya tetap terlihat cemerlang.

Perlu diketahui, air hujan dapat membawa partikel debu dari  lingkungan sekitar yang kemudian akan menempel pada bodi mobil. Ketika air hujan mengering, akan muncul bercak tipis yang dapat menyebabkan jamur. Hal ini disebabkan oleh akumulasi air hujan yang mengandung asam, serta debu dari lingkungan sekitar.

Nah, bercak yang menempel pada mobil berwarna hitam akan lebih nampak, sebab warna dasarnya gelap. Sehingga kotoran lebih terlihat.

Itulah mengapa mobil berwarna hitam harus lebih sering dicuci. Disarankan untuk menggunakan sabun atau sampo yang cocok supaya tidak merusak cat mobil.

Selain itu, gunakan kain mikrofiber yang lembut untuk mengeringkan mobil setelah dicuci. Penggunaan kain mikrofiber dapat mencegah terbentuknya bercak air pada cat mobil.

2. Hindari penggunaan detergen

Sabun deterjen memang sangat efektif untuk menghilangkan kotoran. Akan tetapi, bila kerap digunakan dalam jangka panjang, sabun deterjen dapat mengikis permukaan cat mobil hitam, sehingga mobil jadi terlihat kusam atau terkesan tidak dirawat.

Oleh sebab itu, sebaiknya pemilik mobil berwarna hitam tidak mencuci kendaraannya dengan sabun ini. Lebih baik, gunakan sampo khusus mobil yang sudah banyak ditemukan di pasaran, sebab lebih aman ketimbang sabun deterjen.

3. Aplikasikan teknik mengelap mobil yang benar

Mobil hitam yang baru saja dicuci setelah terpapar air hujan, tidak boleh dilap dengan asal-asalan. Pemilik kendaraan perlu mengaplikasikan teknik mengelap mobil yang benar supaya tidak merusak bodi mobil.

Adapun teknik mengelap mobil warna hitam yang benar yakni:

  • Lap bodi mobil dengan gerakan searah.
  • Kain lap yang dipakai untuk mengelap diangkat sedikit di bagian akhir untuk mengangkat kotoran.
  • Lakukan teknik mengelap ini dengan perlahan dan lembut.

Jangan terburu-buru saat mengelap mobil yang baru saja dicuci, sebab hal ini dapat membuat bodi mobil menjadi baret.

Selain itu, pemilik kendaraan juga tidak diperkenankan melakukan gerakan memutar ketika mengelap mobil, karena bisa menambah baret dalam bentuk swirl mark.

4. Waxing dan polishing

Cara merawat mobil berwarna hitam di musim hujan yang berikutnya adalah rutin melakukan waxing dan polishing.

Waxing dapat melindungi permukaan cat dari kerusakan dan meningkatkan kilau mobil.

Sedangkan polishing dapat menghilangkan goresan kecil dan memoles permukaan cat supaya terlihat lebih mengkilap.

Demikian informasi tentang cara merawat mobil berwana hitam di musim hujan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca VOI.ID.