Tips Hemat BBM saat Mudik Lebaran, Kantong Ngga Tipis Sampai Kampung Halaman
Ilustrasi pengisian BBM Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pengisian bahan bakar kendaraan menjadi kebutuhan penting yang wajib diperhatikan saat mudik lebaran. Apalagi bagi para pemudik yang harus menempuh jarak hingga ratusan kilometer untuk pulang kampung. Ongkos yang dikeluarkan untuk membeli BBM tentu cukup menguras kantong. Oleh karena itu Anda perlu tahu tips hemat BBM saat mudik.

Pemudik harus selalu memastikan bahan bakarnya tercukupi selama perjalanan ke kampung halaman. Jangan sampai Anda kehabisan bensin di tengah jalan karena akan mengganggu dan merepotkan perjalanan. Selain itu, pastikan juga Anda menyiapkan dana untuk kebutuhan pengisian BBM kendaraan Anda. 

Banyak orang ragu melakukan perjalanan mudik lebaran menggunakan kendaraan pribadi karena cemas pengeluarannya membengkak. Ongkos bensin dikhawatirkan justru malah membuat keuangan menipis. Tapi tenang, ada tips hemat BBM saat mudik yang perlu Anda coba. 

Tips Hemat BBM saat Mudik

Para perantau perlu tahu tips hemat BBM saat mudik supaya kantong tidak menyusut saat sampai di kampung halaman. Berikut sejumlah cara hemat BBM yang bisa Anda lakukan. 

Rencanakan Rute Perjalanan

Merencanakan rute perjalanan perlu Anda lakukan sebelum mudik lebaran. Lebih baik menghindari rute yang padat dan pilihlah jalan yang lalu lintasnya agak longgar. Melewati jalan yang padat justru akan membuat kendaraan Anda boros BBM karena sering terjebak kemacetan. 

Selain itu, sebaiknya pilih rute yang treknya melandai dan hindari jalan yang menanjak. Melintas di jalan yang menanjak akan membuat kendaraan Anda mengeluarkan banyak tenaga, sehingga banyak memakan bahan bakar. 

Pastikan Kendaraan dalam Kondisi Sehat

Tips selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memastikan kendaraan dalam kondisi sehat untuk mudik. Kondisi mobil atau motor sangat mempengaruhi penggunaan BBM. Jika Anda nekat mudik dengan kendaraan yang tidak rusak atau tidak fit, maka bensin Anda akan semakin boros.

Jadi sebaiknya menservis kendaraan terlebih dahulu sebelum dibawa untuk mudik. Pastikan Anda mengganti oli, filter udara, dan komponen lainnya yang perlu diperbaiki atau diperbarui. 

Memastikan Tekanan Ban Sudah Sesuai

Banyak pengendara yang mengabaikan kondisi ban. Padahal tekanan ban akan berpengaruh pada tenaga gerak kendaraan dan berdampak ke konsumsi BBM. Selalu periksa dan isi tekanan ban sesuai rekomendasi pabrikan. 

Tekanan ban yang kurang akan menyebabkan peningkatan gesekan antara ban dan aspal jalan. Karena area kontak keduanya menjadi besar, maka mobil butuh banyak tenaga untuk bergerak melaju. Kondisi ini akan membuat kendaraan mengonsumsi BBM lebih boros. 

Membawa Barang Secukupnya

Barang bawaan ternyata juga berpengaruh pada konsumsi bahan bakar kendaraan. Apabila Anda membawa semakin banyak barang bawaan, maka mobil butuh tenaga ekstra untuk melaju. Kondisi ini akan memuat kebutuhan bahan bakar jadi lebih boros. Jadi sebaiknya Anda dan keluarga membawa barang secukupnya saja untuk mengurangi beban tumpangan. 

Menggunakan Teknik Mengemudi yang Tepat

Tips selanjutnya untuk menghemat BBM adalah dengan menggunakan teknik mengemudi yang tepat. Pertama, perhatikan kecepatan laju kendaraan Anda. Kecepatan optimal untuk menghemat bahan bakar yakni sekitar 50-80 kilometer per jam. 

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan teknik mengemudi lainnya. Misalnya menghindari akselerasi tiba-tiba dan mengerem mendadak. Dengan menghindarinya, Anda dapat menghemat BBM. Apabila mobil dapat melaju dengan kecepatan konstan maka bahan bakar pun jadi lebih efisien. 

Hindari Penggunaan AC Berlebihan

Sering tidak disadari bahwa penggunaan AC akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar kendaraan. Adanya AC memang membuat nyaman penumpang di dalam mobil. Namun di satu sisi pemakaian AC cukup menambah beban kerja mesin mobil. Kondisi ini akan membuat mobil mengonsumsi BBM lebih boros. Jadi supaya lebih hemat, Anda bisa mematikan AC di beberapa keadaan. 

Demikianlah ulasan mengenai tips hemat BBM saat mudik lebaran dan arus balik. Menempuh perjalan jauh memang membutuhkan banyak bahan bakar. Namun Anda bisa menghemat BBM kendaraan dengan menerapkan sejumlah tips di atas agar perjalan mudik tidak menguras kantong. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.