4 Olahraga yang Ampuh Membuat Berat Badan Turun dalam Seminggu
Orang Berolahraga (Kate Trifo/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG- Olahraga menjadi aktivitas wajib yang perlu dilakukan oleh setiap orang. Bukan tanpa alasan, melainkan aktivitas fisik ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu efektif menurunkan berat badan.

Banyak orang melakukan berbagai jenis olahraga demi menurunkan berat badan dalam seminggu. Tapi, manakah paling cepat? Dirangkum dari laman Herworld, berikut olahraga untuk menurunkan berat badan dalam seminggu!

Jalan santai

Jalan santai menjadi salah satu jenis olahraga efektif untuk menurunkan berat badan. Jika dilakukan secara teratur, berat badan akan mudah turun secara maksimal.

Melansir laman Harvard Health saat berjalan selama 30 menit dengan kecepatan 6,4 km/jam tubuh akan membakar hingga 167 kalori.

Bahkan sebuah penelitian juga berhasil memperoleh data bahwa 20 wanita obesitas mencoba untuk berjalan selama 50-70 menit selama 3 kali per minggu mengurangi lingkar pinggang mereka hingga 1,1 inci.

Untuk memulainya, usahakan berjalan selama 30 menit 3–4 kali seminggu. Anda bisa secara bertahap meningkatkan durasi atau frekuensi jalan kaki saat sudah terbiasa dengan aktivitas ini.

Jogging

Serupa tapi tak sama, sejumlah penelitian menemukan bahwa jogging dan lari bisa membakar lemak visceral berbahaya. Lemak ini biasanya menumpuk di dalam perut. Lemak visceral membungkus organ penyebab berbagai jenis penyakit, di antaranya adalah jantung dan diabetes. 

Baik jogging maupun lari adalah olahraga bagus dan bisa dilakukan di mana saja. Untuk memulai, targetkan jogging selama 20–30 menit 3–4 kali per minggu.

Pilates

Pilates cocok untuk pemula yang ingin menurunkan berat badan dalam hitungan minggu. Penelitian telah membuktikan bahwa pilates bisa membakar hingga 168 kalori setiap 30 menit.

Walaupun pilates mungkin tak membakar kalori sebanyak latihan aerobik, namun olahraga ini bisa sangat menyenangkan dilakukan. Tertarik mencobanya?

Yoga

Yoga sebetulnya efektif menurunkan berat badan dengan cepat. Studi menemukan bahwa 30 menit yoga mampu membakar 149 kalori. Manfaat lain dari yoga adalah bisa membantu menjaga kesehatan mental. Tak hanya itu, sering berlatih yoga juga bisa mengajarkan kesadaran, menolak makanan tak sehat, dan mengontrol nafsu makan.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.