Piala Uber 2024: Indonesia Jumpa Korea Selatan di Semifinal
Gregoria Mariska Tunjung sumbang kemenangan di perempat final Piala Uber 2024 (dok. PBSI).

Bagikan:

JAKARTA – Tim bulu tangkis putri Indonesia akan bersua Korea Selatan di babak semifinal Piala Uber Cup 2024.

Indonesia kembali ke babak semifinal setelah 14 tahun lamanya. Mereka berhasil menghentikan Thailand 3-0 pada perempat final yang berlangsung pada Jumat, 3 Mei 2024, siang WIB.

Tiga poin kemenangan Indonesia berturut-turut disumbangkan oleh Gregoria Mariska Tunjung, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, dan Ester Nurumi Tri Wardoyo.

"Luar biasa penampilan tim Uber Indonesia. Secara keseluruhan sangat membanggakan," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Ricky Soebagdja.

Indonesia terakhir kali lolos ke semifinal Piala Uber ialah pada 2010. Ketika itu, Merah-Putih menyingkirkan Malaysia di perempat final.

Sayang, langkah Indonesia tidak berlanjut ke final saat itu. Tiket laga pemungkas gagal dikantongi setelah Indonesia menelan kekalahan telak 0-3 melawan China.

Tahun ini, tim putri datang ke Piala Uber dengan target menembus semifinal. Jika mengalahkan Korea Selatan maka tim putri Indonesia akan mencapai final untuk pertama kalinya sejak 2008.

"Terima kasih kepada para atlet, pelatih, dan tim pendukung. Apresiasi setinggi-tingginya, tapi tugas belum selesai. Masih ada semifinal melawan Korea Selatan," kata Ricky.

Korea Selatan mencapai babak semifinal setelah menghentikan China Taipei. Mereka adalah juara bertahan Piala Uber usai mengalahkan China di final edisi 2022.

Indonesia sudah puasa gelar Piala Uber selama 28 tahun. Terakhir kali gelar ini dibawa pulang adalah pada edisi 1996 yang berlangsung di Hong Kong.