Apri/Fadia Ada Peluang Medali Emas di Olimpiade Paris 2024
Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti berpeluang meraih emas Olimpiade Paris 2024 (dok. PBSI).

Bagikan:

JAKARTA – Mantan pebulu tangkis spesialis ganda putri, Greysia Polii, menilai Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti memiliki peluang menjadi juara di Olimpiade Paris 2024.

Greysia mengatakan kekuatan nomor ganda putri saat ini sudah merata. Walaupun China masih mendominasi, di sektor ini sudah muncul kekuatan-kekuatan dari Jepang, Korea, Malaysia, dan Indonesia.

"Membuat ganda putri semakin sulit ditebak siapa yang menjadi juara, termasuk Apri/Fadia. Mereka juga bisa juara," kata Greysia ketika ditemui di Pelatnas PBSI Cipayung.

Nomor ganda putri Indonesia adalah juara bertahan Olimpiade. Medali itu didapat pada Olimpiade Tokyo 2020 oleh Apriyani saat berpasangan dengan Greysia Polii yang sudah pensiun.

Status Apriyani sebagai peraih medali emas Olimpiade membuat ekspektasi masyarakat Indonesia kepadanya di Olimpiade Paris 2024 pun jelas semakin besar.

Greysia mengatakan Apri tidak akan terbebani dengan harapan besar itu. Ia menegaskan mantan rekannya adalah salah satu atlet yang selalu berusaha mengeluarkan semua kemampuan terbaik.

"Kalau saya bicara dengan dia, dia bukan beban, tapi lebih kepada motivasi untuk mengalahkan diri sendiri dan berprestasi terus-menerus. Jadi, saya rasa dia selalu berusaha mengeluarkan kemampuan terbaik," katanya.

"Apa pun hasilnya nanti, saya merasa itu usaha terbaik dia. Selama ini, saya lihat dan pantau, dia selalu ingin mengeluarkan terbaik," tutur Greysia.

Bulu tangkis selama ini menjadi tulang punggung Indonesia untuk mendapat medali emas Olimpiade. Cabang olahraga ini paling sukses dalam sejarah Indonesia di multiajang terbesar dunia itu.