Daftar Pemain Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023 Belum Final, 26 Nama yang Terdaftar Masih Bisa Berubah
Daftar pemain Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 masih bisa berubah (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Tim-tim Piala Asia 2023 Qatar memang sudah menyetorkan 26 nama pemain kepada AFC dalam daftar skuad. Hanya saja, daftar tersebut masih belum final dan masih bisa berubah maksimal enam jam sebelum laga pertama.

Peraturan AFC memang menyebut demikian. Menilik Pasal 26 Poin 6 dalam regulasi dijelaskan bahwa pemain pengganti bisa tampil asalkan sebelumnya sudah mendapatkan akreditasi atau pengesahan dari AFC.

Artinya, perubahan daftar 26 pemain masih diperkenankan selama nama-nama pemain dalam perombakan itu sudah masuk entry by name.

Sebelumnya diketahui bahwa Timnas Indonesia mendaftarkan 50 pemain dalam entry by name. Dalam perkembangannya, pelatih Skuad Garuda, Shin Tae-yong, sudah mengerucutkan menjadi 28 nama.

Nah, sebanyak 28 nama itu kemudian dibawa untuk pemusatan latihan (TC) di Turki sejak 23 Desember 2023.

Informasi terbaru, Timnas Indonesia harus mendaftarkan 26 pemain dalam daftar skuad yang diminta AFC. Dengan kata lain, ada dua pemain dalam pemusatan latihan itu yang tak masuk daftar tersebut.

Dua nama yang dimaksud ialah Adam Alis dan Arkhan Fikri. Meski demikian, keduanya masih berpeluang masuk daftar final.

Tak heran, Adam dan Arkhan tetap menjalani pemusatan latihan di Turki dan akan dibawa ke Qatar.

Rencananya, Shin Tae-yong akan memastikan skuad final pada 10 Januari 2024, walaupun masih punya waktu menentukan daftar pemain setidaknya sampai 14 Januari 2024.

Namun, Shin Tae-yong ingin sudah punya gambaran pasti skuadnya sehari selepas uji coba terakhir melawan Iran di Qatar.

"Memang sudah dirilis 26 pemain (oleh AFC), tetapi 28 yang akan dibawa ke Doha," kata Shin Tae-yong.

"Jadi, kepastiannya akan ditentukan tanggal 10 Januari setelah lawan Iran. Karena secara regulasi, enam jam sebelum pertandingan dimulai, bisa diganti pemain-pemain juga," tutur Shin Tae-yong.

Sementara itu, peraturan daftar final 26 pemain di Piala Asia 2023 merupakan hal baru. Sebelumnya, regulasi AFC menyebut hanya boleh membawa 23 pemain di Piala Asia 2023.

Namun, AFC mengubah peraturan itu setelah menerima usulan dari para pelatih usai pergelaran Piala Dunia 2022 Qatar. Pada ajang sepak bola terakbar dunia itu, setiap tim bisa mendaftarkan 26 pemain.

Timnas Indonesia akan bertolak ke Qatar selepas melakoni uji coba kedua melawan Libya pada Jumat, 5 Januari 2024. Mereka akan kembali menjalani TC di sana.

Selain itu, Skuad Garuda masih ada agenda uji coba terakhir melawan Iran pada 9 Januari 2024.

Timnas Indonesia berada di Grup D Piala Asia 2023 yang akan berlangsung pada 12 Januari-10 Februari 2024. Anak asuh Shin Tae-yong bakal menghadapi Jepang, Irak, dan Vietnam.

Pada laga perdana di Piala Asia 2023, Timnas Indonesia akan menghadapi Irak pada 15 Januari 2024. Kemudian, mereka berjumpa Vietnam pada 19 Januari 2024 dan terakhir menghadapi Jepang 24 Januari 2024.