Manfaat Olahraga Panahan untuk Kesehatan Fisik dan Mental
Manfaat olahraga panahan untuk kesehatan (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Panahan merupakan olahraga tradisional atau kuno yang masih diminati sampai sekarang. Olahraga yang sudah ada sejak zaman kerajaan ini digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari anak muda hingga dewasa. Ada beberapa manfaat olahraga panahan untuk kesehatan. 

Olahraga panahan membutuhkan alat berupa busur dan anak panah, dengan cara anak panahnya dilontarkan atau ditembakkan. Meski kerap disebut sebagai olahraga statis, namun panahan juga memerlukan kekuatan, ketahanan, dan akurasi. Bagi Anda yang tertarik dengan olahraga ini, kenali sejumlah manfaat olahraga panahan untuk kesehatan. 

Manfaat Olahraga Panahan untuk Kesehatan

Banyak orang tertarik melakukan panahan karena olahraga ini cukup menarik dan menantang. Untuk melakukan olahraga ini, diperlukan teknik, kekuatan, dan konsentrasi dalam melepaskan anak panah. 

Saat melakukan olahraga panahan, Anda akan menggerakan otot tubuh, otot lengan, bahu, hingga punggung. Berikut ini beberapa manfaat olahraga panahan untuk kesehatan yang perlu Anda tahu:

Menguatkan Tubuh Bagian Atas

Saat melakukan olahraga panahan, banyak otot bagian tubuh atas yang bergerak. Aktivitas memanah menimbulkan tekanan pada otot bahu, lengan, hingga punggung. Anda akan menahan tekanan selama beberapa detik sebelum Anda melepaskan anak panah. Tekanan berulang ketika Anda menarik dan melepaskan tali busur akan membantu menguatkan otot tubuh bagian atas.

Menyehatkan Jantung

Manfaat lainnya dari olahraga panahan adalah menyehatkan jantung. Ketika melakukan panahan, Anda akan berjalan untuk memeriksa hasil tembakan. Meski Anda berjalan kaki relatif dekat, aktivitas tersebut cukup membantu meningkatkan dan menjaga kesehatan jantung. Selain itu, jalan kaki yang dilakukan berulang juga dapat melatih kekuatan toto kaki. 

Melenturkan Otot

Olahraga panahan juga bermanfaat untuk meningkatkan kelenturan otot. Teknik atau gerakan dalam olahraga ini dapat membantu melenturkan otot-otot tangan. Kelenturan otot tangan Anda akan terlatih saat menarik anak panah dari busurnya dan melepaskannya. 

Mengontrol Keseimbangan

Dalam olahraga panahan, dibutuhkan keseimbangan yang baik antar anggota tubuh. Anda perlu menjaga keseimbangan untuk bisa melakukan panahan dengan baik. Saat memanah, Anda harus bisa menahan tubuh untuk membidik dan bersiap melepas tembakan. Latihan panahan membantu Anda mengontrol keseimbangan tubuh saat fokus membidik target. 

Melatih Koordinasi 

Olahraga panahan juga dapat melatih koordinasi antara mata dan tangan. Koordinasi mata dan tangan sangat diperlukan ketika membidik dan menembakkan anak panah. Seiring Anda rutin melakukan panahan, maka koordinasi mata dan tangan akan semakin baik.

Manfaat Olahraga Panahan untuk Kesehatan Mental

Selain memberikan efek baik bagi kesehatan tubuh, olahraga panahan juga bermanfaat bagi kesehatan mental dan pikiran. Berikut ini sejumlah manfaat olahraga panahan untuk kesehatan mental Anda.

Melatih Kesabaran

Olahraga panahan sangat bermanfaat untuk melatih kesabaran. Olahraga ini dilakukan dengan penuh kesabaran untuk membidik sasaran dalam jarak yang jauh, sehingga anak panah bisa melepas dengan tepat sasaran. Dengan kesabaran yang tinggi, Anda dapat memaksimalkan akurasi bidikan panah.

Menenangkan Pikiran

Saat melakukan panahan, Anda diharuskan mengatur pikiran dengan tenang dan penuh konsentrasi. Selain itu, olahraga panahan juga membantu Anda dalam mengurangi atau mengatasi stres. Dengan melakukan panahan secara rutin, maka Anda bisa melatih pikiran untuk berpikir tenang. 

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Olahraga panahan tidak sekadar bersaing dengan pemanah lain untuk mendapatkan sasaran yang akurat. Dalam olahraga panahan, Anda juga harus melawan diri sendiri. Diperlukan rasa percaya diri yang kuat untuk bisa memanah dengan target yang tepat. 

Meningkatkan Fokus

Manfaat lain dari olahraga panahan adalah membantu Anda untuk fokus. Dalam olahraga memanah, Anda dituntut untuk bisa menjaga fokus agar tembakan anak panah bisa mengenai sasaran. Dengan terlatih fokus, maka bisa membantu Anda terbiasa menghadapi kondisi sulit yang menimbulkan stres dan tekanan.

Demikianlah beberapa manfaat olahraga panahan untuk kesehatan yang perlu Anda tahu. Selain bermanfaat bagi kesehatan fisik, olahraga ini juga memberikan efek baik untuk kesehatan mental dan pikiran. Baca juga artikel perlengkapan olahraga panahan sebagai persiapan Anda berlatih memanah. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.