Durasi Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan Minimal 30 Menit, tapi Pilih Waktu yang Tepat
Ilustrasi olahraga pagi hari (Unsplash).

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tahukah Anda bahwa olahraga tidak hanya untuk menggemukkan badan, tapi juga membantu menurunkan berat badan.

Menjalani olahraga yang tepat akan membantu menurunkan berat badan. Namun, pernahkah Anda bertanya berapa lama durasi olahraga untuk menurunkan berat badan?

Ada banyak pendapat terkait durasi yang tepat untuk olahraga agar berat badan bisa turun maksimal. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), durasi olahraga khusus orang dewasa terutama yang ingin menurunkan berat badan adalah 150 hingga 300 menit per minggu. Durasi tersebut dilakukan dengan intensitas olahraga sedang.

Durasi Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan Per Hari

Anda disarankan untuk olahraga dengan durasi 75 hingga 150 menit per minggu, tapi dengan intensitas tinggi. Nah, kalau per hari, Anda disarankan menjalani olahraga dengan intesitas ringan selama 30 menit tiap hari sebanyak lima kali seminggu.

Senada, Kementerian Kesehatan RI juga menyarankan agar olahraga minimal 30 menit per hari. Dalam olahraga tersebut lakukan pemanasan 5 sampai 10 menit. Lalu, gerakan pendinginan dilakukan 5 menit saja. Jadi, jika ditotal, olahraga dalam seminggu mencapai 150 menit dengan intesitas sedang.

Melakoni olahraga dengan durasi 30 menit per hari tidak hanya membantu menurunkan berat badan secara maksimal. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan adalah sebagai berikut.

Waktu untuk Olahraga agar Berat Badan Turun

Pada dasarnya olahraga bisa dilakukan kapan saja. Namun, pemilihan waktu yang tepat akan memaksimalkan manfaat olahraga itu sendiri, khususnya dalam menurunkan berat badan. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk olahraga agar berat badan bisa turun?

Dalam penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Nutrition and Metabolism (2016) dikatakan bahwa berdasarkan studi, olahraga yang dilakukan sebelum sarapan bisa membakar lemak di tubuh lebih efektif dan lebih banyak.

Apalagi ketika perut kosong, energi yang dibakar ketika olahraga diambil dari lemak tubuh. Selain itu, saat olahraga juga mengambil energi yang siap pakai sehingga pembakaran makanan yang ada dalam perut tak terjadi.

Rutin olahraga saat pagi juga mampu menambah metabolisme tubuh. Dengan begitu, pembakaran kalori bisa lebih banyak. Meski demikian, belum bisa ditentukan jam berapa olahraga sebaiknya dilakukan demi menurunkan bobot tubuh.

Selain memaksimalkan pembakaran lemak, olahraga sebelum sarapan juga membantu Anda agar tak mudah lapar. Hal itu terjadi karena produksi hormon insulin akan disesuaikan oleh tubuh. Hormon itu juga lebih sensitif. Alhasil, kadar gula dalam darah bisa terkontrol.

Selain olahraga, disarankan juga untuk menjaga pola hidup sehat dan menjaga makanan agar lebih terkontrol. Hindari makanan lemak tinggi dan mengandung gula tinggi.

Selain terkait durasi olahraga untuk menurunkan berat badan, kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.