Bagas/Fikri Bantu Kurangi Beban Fajar/Rian di BWF World Tour Finals 2023
Bagas Maulana/Muhamad Shohibul Fikri salah satu dari dua ganda putra Indonesia di BWF World Tour Finals 2023 (dok. PBSI).

Bagikan:

JAKARTA – Pebulu tangkis Muhammad Rian Ardianto mengakui keberadaan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri ikut mengurangi beban ganda putra di BWF World Tour Finals 2023.

Turnamen penutup rangkaian BWF World Tour tersebut akan berlangsung dari 13-17 Desember 2023 di Hangzhou Olympic Sports Expo Center, Hangzhou, China.

Bagas/Fikri akan menjalani debut mereka di ajang tersebut menemani Fajar/Rian. Mereka adalah dua dari enam wakil Indonesia yang mendapat tiket ke sana.

Rian mengatakan keberadaan dua wakil ganda putra Indonesia di BWF World Tour Finals 2023 otomatis membuat beban berat di sektor tersebut bisa terbagi.

"Pasti berpengaruh. Kalau misalkan ada dua wakil tidak terlalu terbebani banget. Soalnya, ada dua pasang. Jadi, bisa fokus," kata Rian di Pelatnas PBSI, Rabu, 6 Desember 2023.

Fajar/Rian dan Bagas/Fikri saat ini masih menjalani latihan di Pelatnas PBSI Cipayung. Mereka baru akan bertolak ke China pada Sabtu, 9 Desember 2023.

Rian mengatakan bahwa sejauh ini mereka sudah optimal dan siap tampil. Kondisi kesehatan dan aspek-aspek nonteknis lain pun tidak ada persoalan sehingga mereka dalam posisi siap tempur melawan siapa pun.

"Pasti semuanya pemain terbaik tahun ini di BWF World Tour Finals 2023. Jadi, kami benar-benar harus menyiapkan mau lawan siapa saja," ujar dia.

Empat wakil Indonesia lain di BWF World Tour Finals 2023, yaitu dua dari tunggal putra, satu tunggal putri, dan satu ganda putri.

Tunggal putra menurunkan Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie. Kemudian, ganda dan tunggal putri menampilkan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Gregoria Mariska Tunjung.