Ronaldo Cetak Gol ke-865 Saat Portugal Taklukkan Liechtenstein
Cristiano Ronaldo membawa Portugal menang atas Liechtenstein di kualifikasi Euro 2024. Dirinya sendiri sudah mencetak 865 gol dalam kariernya. (Twitter @EURO2024)

Bagikan:

JAKARTA - Cristiano Ronaldo kian mengukuhkan sebagai yang terbaik dan menjadi legenda hidup Portugal. Ronaldo yang ini bermain di Al Nassr mencetak gol 865 dalam kariernya saat membawa Portugal menang 2-0 atas Liechtenstein di pertandingan Grup J kualifikasi Euro 2024 di Stadion Rheinpark, Vaduz, Jumat, 17 November dini hari WIB.

Portugal sesungguhnya sudah memastikan lolos ke putaran final Euro 2024. Perolehan poin mereka sudah tak bisa dikejar para pesaingnya.

Meski demikian, Portugal tetap menurunkan skuat terbaik pada laga terakhir melawan Liechtenstein. Hasilnya Ronaldo dkk kembali meraih kemenangan yang menjadikan Portugal kian mantap di puncak klasemen dengan poin 27.

Dari grup itu pun sudah meloloskan dua wakil karena Slovakia memastikan mendapatkan tiket untuk mendampingi Portugal.

Ronaldo sendiri menjadi sorotan karena di usianya yang sudah mencapai 38, eks bintang Manchester United ini tak mengalami penurunan. Dirinya membuka kemenangan atas Liechtenstein lewat gol di menit 47.

Gol yang memecahkan kebuntuan setelah Portugal kesulitan membobol gawang Liechtenstein sepanjang babak pertama. Ini menjadi gol ke-865 yang sudah dicetak Ronaldo dalam karier sepak bola.

Sedangkan torehan gol untuk timnas sudah mencapai 128 goals selama 204 pertandingan. Ini mengukuhkan dirinya sebagai top scorer sepanjang sejarah timnas di seluruh dunia.

Performa gemilang Ronaldo menunjukkan dirinya tetap ingin tampil di Euro 2024. Padahal sebelumnya, Ronaldo yang melejit mencapai puncak kejayaan saat membela Real Madrid ini mengisyaratkan bakal pensiun dari timnas usai Piala Dunia 2022. Namun dia menepis tudingan itu. 

"Saya berharap tetap menjadi bagian dari Federasi [timnas Portugal] selama beberapa tahun lagi. Saya tetap termotivasi dengan ambisi tinggi," ucap Ronaldo.

Pelatih Roberto Martinez yang menggantikan Fernando Santos pun memenuhi permintaan Ronaldo dengan tetap mempertahankannya. Di laga melawan Liechtenstein, Martinez pun tak mengubah komposisi terbaik meski sudah lolos ke Jerman.

Ronaldo menjadi starter meski kemudian ditarik keluar di babak kedua. Dia digantikan Bruma setelah Portugal unggul dua gol.

Ronaldo sendiri membobol gawang tuan rumah di menit 47. Berawal dari aksi Ronaldo yang menerima umpan Diogo Jota. Dirinya kemudian melewati dua bek sebelum melepaskan tendangan ke gawang.

Sedangkan gol kedua Portugal dihasilkan Joao Cancelo di menit 56. Bek Barcelona ini memanfaatkan blunder Benjamin Buechel yang salah posisi sehingga memungkinkan Cancelo mencetak gol ke gawang yang kosong. Skor berubah menjadi 2-0 dan bertahan sampai akhir laga.