Ragam Pilihan Olahraga untuk Wanita Usia 40 ke Atas, Nomor 5 Paling Mudah Dilakukan
Ilustrasi wanita 40 tahun olahraga (Foto: Pixabay/neovidio)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tak hanya pria, wanita yang sudah berusia 40 tahun ke atas juga membutuhkan olahraga untuk menjaga kesehatan jasmaninya. Pada usia ini, tubuh akan mengalami degenerasi secara alami dan meningkatkan risiko penyakit jantung, hipertensi, kolesterol dan stroke. Untuk mencegahnya, Anda wajib melakukan olahraga secara teratur begitu memasuki usia 40-an.

Hanya saja, tidak semua olahraga bisa dilakukan oleh wanita yang sudah memasuki usia kepala 4. Lantas, apa saja pilihan olahraga untuk wanita 40 ke atas? Simak rangkuman informasinya dalam berikut ini.

Olahraga untuk Wanita 40 ke Atas

  1. Yoga

Yoga adalah olahraga yang dapat mengombinasikan antara pikiran dan tubuh. Olahraga ini sangat disarankan untuk wanita usia 40 ke atas karena dapat membantu menenangkan pikiran, menurunkan stres, serta mempertahankan kekuatan otot.

Tak hanya itu, Yoga juga dapat menurunkan tekanan darah dan dapat mencegah depresi.

Wanita yang baru memulai yoga di usia 40 tahun disarankan untuk melakukan olahraga ini selama 10-25 menit terlebih dahulu. Bila sudah terbiasa, Anda bisa menambah durasinya.

  1. Zumba

Zumba adalah latihan kebugaran yang dilakukan dengan menggabungkan dansa dan koreografi. Olahraga ini sangat efektif untuk membakar lemak di paha, lengan, dan perut. Penumpukan lemak pada beberapa bagian tersebut umumnya terjadi seiring bertambahnya usia.

Karena alasan inilah zumba sangat direkomendasikan untun wanita 40 tahun ke atas. Kendati demikian, zumba untuk usia di atas 40 tahun tidak sama gerakannya dengan usia yang lebih muda.

Latihan zumba untuk wanita 40 ke atas dilakukan dengan intensitas yang lebih rendah. Durasi latihan yang disarankan adalah elama 40 menit.

  1. Barre

Barre merupakan latihan yang berfokus pada kekuatan isometrik. Isometrik sendiri adalah kontraksi otot ketika otot-otot tidak memanjang atau memendek, seperti tidak ada gerakan nyata, namun di dalam otot ada ketegangan.

Ketika melakukan latihan ini, semua tenaga yang dikeluarkan oleh otot bakal diubah menjadi lebih panas. Latihan Barre dapat meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas.

Bila Anda baru mencoba barre di usia 40 tahun, lakukan latihan ini sekitar 30 menit agar mendapatkan manfaat yang optimal.

  1. Pilates

Rekomendasi olahraga untuk wanita 40 ke atas yang berikutnya adalah pilates. Latihan fisik yang satu ini dapat membantu memperkuat otot yang lemah dan menurunkan risiko terjadinya cedera.

Selain itu, pilates juga baik untuk meningkatkan mobilitas dan kekuatan pinggul, serta mengurangi nyeri punggung bagian bawah (low back pain).

Latihan pilates selama 20 menit dalam satu kali sesi latihan sudah cukup bagi wanita usia 40 tahun ke atas.

  1. Berjalan kaki

Berjalan kaki adalah olahraga yang mudah dilakukan. Aktivitas fisik ini dapat menjadi pilihan yang ideal sebagai olahraga untuk wanita 40 ke atas.

Olahraga ini cukup efektif untuk membakar kalori. Selain itu, olahraga jalan kaki juga dapat menguatkan stamina dan memperbaiki mood.

Wanita yang sudah berusia 40 ke atas disarankan untuk berjalan kaki minimal 30 menit per hari. Anda bisa melakukannya lima kali dalam seminggu.

Demikian informasi tentang olahraga untuk wanita 40 ke atas. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.