Efektif Pangkas Lemak, Olahraga Sepeda Membakar Berapa Kalori?
Ilustrasi olahraga sepeda (Foto: Pixabay/KIMDAEJEUNG)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga yang tidak membutuhkan banyak peregangan (low impact). Kendati demikian, aktivitas ini sangat bermanfaat bagi kesehatan serta efektif membakar kalori. Pertanyaannya, olahraga sepeda membakar berapa kalori?

Olahraga Sepeda Membakar Berapa Kalori?

Dirangkum dari berbagai sumber, bersepeda dengan kecepatan sedang, dalam lintasan yang relatif landai selama satu jam dapat membakar kalori sebesar 300-350 kkal.

Akan tetapi, jumlah kalori yang terbakar ketika melakukan olahraga ini bisa bervariasi, tergantung pada jenis sepeda yang digunakan, jarak tempuh, ketinggian permukaan, dan kecepatan.

Semakin cepat Anda mengayuh pedal sepeda, jumlah kalori yang terbakar akan semakin banyak. Pada kondisi ini, tubuh memerlukan lebih banyak energi untuk bergerak lebih cepat.

Bersepeda dengan kecepatan 19-22 km per jam bisa membakar kalori sebesar 298 kkal dalam waktu 30 menit. Contoh ini dapat terjadi pada orang dengan berat badan sekitar 70 kilogram.

Sementara jika Anda mengendarai sepeda dengan kecepatan 22-25 km per jam, jumlah kalori yang terbakar sekitar 372 kkal pada orang dengan berat yang sama.

Selain kecepatan, faktor yang memengaruhi pembakaran kalori olahraga sepeda adalah lokasi latihan.  

Bersepeda di luar ruangan lebih efisien untuk membakar kalori, terlebih bila dilakukan di tengah cuaca yang terik.

Berikut kisaran jumlah kalori yang terbakar ketika Anda bersepada dengan kecepatan sedang di luar ruangan selama 30 menit.

  • Berat badan 56 kg = 240 kilokalori
  • Berat badan 70kg = 298 kilokalori
  • Berat badan 84 kg = 335 kilokalori

Menyadur Harvard University, orang yang melakukan olahraga sepeda gunung akan membakar kalori lebih banyak, sebab tubuh memerlukan lebih banyak energi untuk melintasi jalanan yang curam dan berkelok.

Berikut kisaran jumlah kalori yang terbakar ketika melakukan olahraga sepeda gunung:

  • Berat badan 56 kg : 255 kkal
  • Berat badan 70 kg: 316 kkal
  • Berat badan 84 kg: 377 kkal

Sedangkan olahraga sepeda di dalam ruangan dengan stationary bike membakar lebih sedikit kalori ketimbang bersepeda di luar ruangan.

Kisaran jumlah kalori yang terbakar ketika olahraga sepeda dengan stationary bike selama 30 menit, yakni:

  • Berat badan 56 kg: 210 kilokalori
  • Berat badan 70kg: 260 kilokalori.

Manfaat Olahraga Sepeda

Dikutip dari Mayo Clinic, untuk mendapatkan manfaat kesehatan, Anda disarankan untuk melakukan olahraga sepeda setidaknya 150 menit per minggu. Tetapi, bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, disarankan untuk berolahraga sepeda setidaknya 300 menit per minggu.

Sebuah riset menunjukkan bahwa sekarang lebih banyak orang melakukan olahraga sepeda, dan para ahli mengaitkannya dengan peningkatan kebugaran dan risiko yang lebih rendah akan kondisi tertentu.

Bersepeda selama 150 menit dalam sepekan, dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan, di antaranya:

  • Meningkatkan kesehatan jantung dan paru
  • Menjaga tekanan darah
  • Menurunkan berat badan
  • Menjaga kesehatan mental

Demikian informasi tentang olahraga sepeda membakar berapa kalori. Untuk mendapatkan update berita pilihan lainnya, baca terus VOI.ID.