Olahraga Apa yang Cocok untuk Usia 50 Tahun ke Atas? Ini 5 Rekomendasinya
Ilustrasi (Foto: Pixabay/dominic_winkel)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Olahraga adalah aktivitas yang melibatkan tenaga fisik dan pikiran dengan tujuan melatih tubuh manusia. Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Bagi seseorang yang sudah berusia 50 tahun ke atas, olahraga sangat penting agar tubuh tetap sehat dan bugar. +

Hanya saja, tidak semua jenis olahraga cocok untuk usia 50 tahun. Pada usia ini, kemampuan tubuh akan berkurang akibat massa otot yang semakin susut. Lantas, olahraga apa yang cocok untuk usia 50 tahun ke atas? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Olahraga Apa yang Cocok untuk Usia 50 Tahun ke Atas?

Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu, 14 Oktober 2023, berikut deretan olahraga yang cocok untuk usia 50 tahun ke atas:

1. Deadlift

Deadlift merupakan olahraga angkat beban di mana beban di angkat setinggi pinggul. Olahraga ini diyakini dapat menurunkan risiko sakit punggung pada lansia. Selain itu, Deaflif juga bisa mencegah lansia mengalami nyeri pada kaki dan otot inti.

Bagi seseorang yang berusia 50 tahun, cobalah untuk melakukan olahraga ini dalam 3-5 set sebanyak 12 kali pengulangan.

2. Bersepeda

Olahraga ini dapat merangsang pertumbuhan otot, termasuk bagi mereka yang berusia 50 tahun ke atas.

Selain itu, bersepeda juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Akan tetapi, pastikan Anda melakukan jenis olahraga sepeda yang cocok.

Bagi pria berusia 50 tahun ke atas, disarankan untuk bersepeda menggunakan air bikes. Air bikes adalah mesin serbaguna yang menggabungan latihan kardio dengan ketahanan. Alat olahraga ini sangat efektif untuk membakar kalori.

3. Squat

Squat adalah aktivitas fisik untuk melatih otot di bagian paha depan, paha belakang dan bokong. Selain itu, olahraga ini juga bermanfaat untuk hormone pertumbuhan dan respons testosteron.

Cara melakukan squat yakni berdiri dengan kaki terbuka selebar pinggul, kemudian dorong pinggul ke belakang hingga lutut menekuk. Lakukan gerakan ini sebanyak 3-5 kali set selama 12 kali pengulangan.

4. Berjalan kaki

Berjalan kaki termasuk jenis olahraga yang cocok untuk usia 50 tahun ke atas. Hal ini karena olahraga ini sangat mudah dilakukan dan memiliki banyak manfaat untuk lansia.

Manfaat jalan kaki antara lain:

  • Membangun daya tahan tubuh.
  • Menguatkan otot tubuh bagian bawah
  • Melawan penyakit tulang seperti osteoporosis.

Bagi seseorang yang berusia 50 tahun ke atas, olahraga ini tidak perlu dilakukan lama-lama. Anda cukup jalan-jalan santai sekitar 20 menit bersama teman atau sendirian di pagi atau sore hari.

5. Berenang

Seseorang yang berusia 50 tahun ke atas juga bisa mencoba olahraga renang untuk menjaga kesehatan dan kebugaran.

Olahraga ini cocok dilakukan lansia karena tidak akan memberikan beban berlebihan pada sendi sehingga risiko cedera akan semakin kecil.

Selain itu, olahraga renang juga memberikan manfaat untuk otot dan tulang, detak jantung menjadi normal, menyehatkan tubuh, meningkatkan pola pikir, dan efektif membakar kalori.

Demikian informasi tentang olahraga apa yang cocok untuk usia 50 tahun ke atas. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.