10 Latihan Fisik Sebelum Naik Gunung yang Membantu Pendaki Menaklukkan Lintasan
Ilustrasi mendaki gunung (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pemula yang berencana naik gunung disarankan untuk melakukan berbagai latihan fisik dan olahraga. Pasalnya, naik gunung tidak hanya membutuhkan stamina yang prima namun membutuhkan keterampilan yang akan berguna untuk melancarkan proses pendakian. Ada berbagai latihan fisik sebelum naik gunung yang perlu dilakukan.

Daftar Latihan Fisik Sebelum Naik Gunung

Stamina yang baik dan keterampilan olah tubuh akan membantu pendaki pemula mencapai puncak gunung. Beberapa latihan fisik berikut ini akan membantu pendaki pemula untuk melatih stamina dan melatih gerakan yang mungkin akan dilakukan selama melakukan pendakian, dikutip dari berbagai sumber.

  1. Olahraga Kardio

Kardio mambantu pendaki pemula mendapatkan stamina yang baik dan membangun kekuatan tubuh. Kardio juga membantu Anda melatih pernapasan agar saat melakukan pendakian, pendaki bisa mengatur napas dengan baik sehingga tidak mudah lelah. Olahraga ini memiliki berbagai manfaat secara umum, termasuk memperkuat tulang dan sendi.

  1. Squat

Disarankan untuk melakukan squat secara rutin sebelum pendakian gunung dilakukan. Anda bisa mulai squat rutin 3 atau 4 bulan sebelum pendakian. Squat akan membantu melatih otot tubuh bagian bawah yang selama pendakian akan bekerja dengan cukup keras. Squat juga membantu pendaki untuk memperbaiki keseimbangan tubuh sehingga tidak mudah terjatuh.

  1. Pullup

Latihan ini dilakukan dengan bergelantungan dengan dua tangan di gawang lalu mengangkat beban tubuh. Pullup perlu dilakukan untuk meningkatkan kekuatan badan bagian atas.

  1. Stepup dengan Tangga

Track gunung selalu menanjak. Untuk menghadapi lintasan tersebut disarankan untuk melakukan olahraga stepup secara rutin. Anda bisa memanfaatkan tangga untuk melatih kaki dan lutut secara rutin. Latihan ini akan membantu membangun kekuatan kaki, pantat, paha depan, serta memperkuat sendiri engkel.

  1. Heel Down

Latihan ini dilakukan dengan menumpukan berat badan di satu kaki, sedangkan kaki lainnya diluruskan. Setelah itu naik dan turukan kaki dengan menekuk lutut secara statis. Anda bisa menggunakan tangga di rumah. Latihan ini akan membantu Anda mengendalikan berat badan serta memperkuat lutut.

  1. Pushup

Pushup secara umum melatih otot tangan yang dalam pendakian gunung berguna saat Anda harus mendaki tebing atau meraih tali di medan dengan kemiringan curam. Pendaki pemula bisa berlatih pushup 10 kali setiap hari.

  1. Berenang

Latihan ini akan membantu Anda melatih pernapasan. Harus diketahui bahwa mendaki gunung adalah olahraga yang melibatkan seluruh tubuh sehingga Anda akan mudah lelah. Saat itu terjadi, napas akan terengah-engah. Untuk membantu melatih pernapasan saat terengah-engah disarankan untuk berenang.

  1. Angkat Bahu

Latihan ini dilakukan dengan dua dumbbell yang dipegang di masing-masing tangan. Setelah itu berdiri tegak dengan kaki selebar bahu, lalu angkat dumbbel ke arah vertikal. Gerakkan bahu ke atas dan ke bawah secara teratur. Latihan ini membantu Anda menggendong tas dengan beban yang cukup berat.

  1. Lompat Tali

Saat mendaki gunung, gerakan melompat kadang perlu dilakukan. Oleh karenanya pendaki pemula disarankan untuk berlatih lompat tali. Latihan ini akan membantu Anda memperkuat otot betis serta memperkuat kaki secara keseluruhan.

  1. Pelenturan

Disarankan untuk sering melakukan pelenturan agar otot di tubuh tidak mengalami kekakuan. Gerakan pelenturan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan dianjurkan untuk terus dilakukan setiap hari meski Anda sedang tak melakukan olahraga. Pelenturan akan membantu mencegah pendaki pemula mengalami cedera otot.

Itulah beberapa latihan fisik sebelum naik gunung. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.