4 Atlet Taekwondo Potensi Emas di SEA Kamboja Games 2023 Kamboja
Atlet taekwondo Indonesia, Ni Kadek Heni Prikasih. (Foto via Antara/PBTI)

Bagikan:

JAKARTA – Cabang olahraga (cabor) taekwondo menargetkan empat medali emas dari ajang SEA Games 2023 yang akan berlangsung di Kamboja. Jika target tersebut berhasil dicapai, itu akan melampaui hasil yang diperoleh di SEA Games 2021 lalu di Vietnam.

Ketika itu taekwondo membawa pulang satu medali emas, dua medali perak, dan delapan medali perunggu.

”Kami mempersiapkan atlet agar bisa semaksimal mungkin meraih lebih banyak emas di SEA Games Kamboja,” kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) Fahmy Fachrezzy.

Untuk merebut empat medali emas itu, tim Taekwondo akan mengandalkan Ni Kadek Heni Prikasih, Muhammad Bassam Raihan, Osanando Naufal Khairudin, dan Silvana Lamanda.

Heni, 21 tahun, akan turun di nomor women kyeorugi under 46 kg. Dia saat ini sedang berada di puncak performa setelah sebelumnya meraih medali emas di ajang kejuaraan dunia di Bulgaria pada bulan kemarin.

Kamboja adalah SEA Games kedua bagi Heni setelah sebelumnya dia meraih medali perunggu dalam debut di ajang dua tahunan sekawasan Asia Tenggara ini edisi 2021 lalu yang berlangsung di Vietnam.

"Heni kami harapkan bisa meraih emas. Karena dia dalam puncak performa. Kamboja adalah SEA Games kedunya dan dia dalam usia yang sedang matang-matangnya," ujar Fahmi.

Jika bisa meraih emas di Kamboja, Heni akan dikirim ke Asian Games yang akan di gelar di Hangzhou pada September-Oktober 2023 nanti.

Selain itu, hasil di SEA Games juga membuka peluang Heni untuk bisa bertarung ke Olimpiade 2024 Paris.

Heni mengatakan dia akan mencoba fokus dan memperbaiki hasil yang belum memuaskan di Vietnam. ”Saya terus mempersiapkan diri sebaik-baiknya dan mudah-mudahan bisa ikut sampai Olimpiade Paris,” kata Heni.

Sementara itu, Bassam Raihan nantinya akan turun di nomor mens kyeorugi under 63 kg setelah sukses menempati podium tertinggi untuk meraih emas di Vietnam lalu.

Adapun dua nama lainnya Khairudin dan Silvana berturut-turut akan turun di nomor mens kyeorugi under 80 kg dan women kyeorugi under 67 kg.