Yamaha Indonesia Umumkan Formasi Buat Balapan ARRC Musim 2023, Ada Wajah Baru yang Bikin Heboh
Formasi tim Yamaha Racing Indonesia untuk Asia Road Racing Championship 2023. (Foto: Instagram/@yamaharacingidn)

Bagikan:

JAKARTA – Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi merilis formasi tim Yamaha Racing Indonesia (YRI) untuk rangkaian balapan Asia Road Racing Championship musim 2023.

Di ajang itu, YRI akan menurukan empat pebalap. Keempat nama tersebut adalah Galang Hendra Pratama, Andy Muhammad (AM) Fadly, Wahyu Nugroho, dan M Faerozi Toreqottullah.

AM Fadly merupakan wajah baru. Kehadirannya cukup mengejutkan karena sosok ini selalu jadi andalan Kawasaki dalam beberapa musim terakhir.

Dia berstatus pemegang dua gelar ARRC kelas Asia Production 250 dua musim berturut-turut.

Namun, mulai musim depan, dia akan naik kelas. Bersama Galang Hendra, AM Fadly akan memacu motor unggulan YZF-R6 di kelas di kelas Supersport 600 (SS600) ARRC.

Sementara Galang kini dalam kondisi lebih siap. Dia berani menargetkan prestasi berupa naik podium dan juara musim 2023.

"Musim ini saya harus lebih percaya diri untuk cepat dalam beradaptasi di semua sirkuit tentunya dengan pengalaman dan data yang dimiliki," ujar Galang di situs resmi YRI.

Sementara itu, Wahyu Nugroho dan M Faerozi Toreqottullah akan turun di kelas Asia Production (AP250) dengan tunggangan YZF-R25.

Empat racer YRI yang akan tampil di ARRC bakal mengambil bagian dalam latihan resmi di Sirkuit Chang Internasional (21-22 Maret) nanti. Mereka lalu memulai balapan putaran perdana di lintasan yang sama (24-26 Maret).

Selain itu, YRI juga akan mengirim Aldi Satya Mahendra ke ajang R3 bLU cRU European Cup 2023. Tahun lalu Aldi mendapat wild card WSS300 di Catalunya.

Selain itu, ia juga tercatat mengikuti Master Camp VR46 Academy. Di ajang itu dia sukses membuktikan diri dengan menjadi yang terbaik di empat sesi yang dilombakan.

Aldi akan mengambil bagian dalam latihan resmi kejuaraan R3 bLU cRU European Cup di sirkuit Misano Italia (9-10 April) dan putaran perdana di sirkuit Assen Belanda (21-22 April).

President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Dyonisius Beti mengatakan bahwa pengiriman pebalap ini merupakan bentuk komitmen Yamaha dalam membina bibit potensial yang dimiliki oleh Indonesia.

"Ini juga merupakan perwujudan dari program bLU cRU Indonesia untuk berkiprah di berbagai kompetisi baik di luar maupun Tanah Air dengan target gelar juara. Kami harapkan para pembalap binaan YRI akan mempersembahkan hasil terbaik di tahun 2023 ini," kata dia.

Selain mengirim pebalap ke Asia dan Eropa, Yamaha Indonesia juga menurunkan tim dan pebalap di kejuaraan nasional OnePrix dan kejuaraan nasional Mandalika Racing Series (MRS).

Di kedua ajang nasional ini, Yamaha memasang target mempertahankan gelar juara yang diraih tahun 2022 lalu. Target itu didukung motor unggulan Yamaha MX King 150 di Kejurnas OnePrix yang menjadi andalan tahun lalu.

Pada 2022 lalu Yamaha merebut juara nasional kelas Expert melalui Reynaldi Pradhana dan juara nasional kelas Novice melalui Dimas Juliatmoko.

Adapun di kejurnas MRS, para pembalap Yamaha akan berupaya semaksimal mungkin untuk meraih titel juara di kelas Sport 150 cc dan Sport 250 cc.

Di kompetisi lokal, Yamaha juga akan menggelar Yamaha One Make Race (OMR) yaitu bLU cRU Yamaha Enduro Challenge, bLU cRU Yamaha Sunday Race dan bLU cRU Yamaha Endurance Festival.