Menyusuri Jejak Perjalanan Indonesia dan Vietnam ke Semifinal Piala AFF 2022
Timnas Indonesia akan bertemu Vietnam di semifinal Piala AFF 2022. (Foto: Twitter/@PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia dan Vietnam akan bersua di semifinal Piala AFF 2022. Berikut ini ulasan perjalanan kedua tim menuju babak empat besar.

Skuat Garuda lolos sebagai runner up dari Grup A, sedangkan Vietnam adalah juara Grup B. Keduanya sama-sama mengoleksi 10 poin dari empat pertandingan di fase grup.

Indonesia memulai perjalanan di grup dengan kemenangan tipis 2-1 atas Kamboja, menggilas Brunei dengan skor telak 7-0, bermain seri 1-1 dengan Thailand, dan menang 2-1 atas Filipina.

Total sepuluh poin yang dikumpulkan oleh Indonesia sama dengan koleksi Thailand. Hanya saja pasukan Garuda kalah selisih gol sehingga harus puas di posisi kedua.

Sementara itu, Vietnam lolos dengan catatan lebih sempurna. Tim asuhan Park Hang Seo itu tidak merasakan kebobolan satu gol pun dari empat pertandingan yang dimainkan.

Mereka memulai perjalanan dengan menang telak atas Laos enam gol tanpa balas, lalu mengalahkan Malaysia 3-0, bermain seri 0-0 dengan Singapura, dan menang 3-0 atas Myanmar.

Bagi Vietnam, ini adalah laga semifinal ke-12 mereka di Piala AFF. Dari 11 kesempatan sebelumnya, mereka tiga kali lolos ke final dan dua kali berhasil keluar sebagai kampiun 2008 dan 2018.

Sementara itu, bagi Indonesia ini adalah semifinal kesepuluh di kompetisi dua tahunan ini. Dari total itu, enam kali Garuda ke final, tetapi selalu keluar sebagai runner up.