Trofi untuk Lionel Messi Diyakini Bakal Bertambah, La Pulga Didukung Terima Penghargaan Super Ballon d'Or
Pemain Timnas Argentina, Lionel Messi. (Foto: Twitter @Argentina)

Bagikan:

JAKARTA — Pemain tim nasional Argentina Lionel Messi mendapat dukungan meraih penghargaan langka Super Ballon d'Or setelah memenangi Piala Dunia 2022 Qatar.

Dalam sejarah, satu-satunya pemain yang pernah mendapat penghargaan ini adalah legenda Real Madrid asal Argentina Alfredo Di Stefano.

Di Stefano mendapatkan penghargaan langka ini pada 24 Desember 1989 saat ulang tahun ke-30 France Football Magazine selaku pemberi penghargaan Ballon d'Or.

Dia memenangkan penghargaan tersebut setelah berhasil mengalahkan dua nama besar Eropa Michel Platini dan Johan Cruyff dalam pemungutan suara.

Sebenarnya, hanya pemain dari Eropa yang berhak atas penghargaan tersebut. Namun, Di Stéfano dinominasikan karena dia adalah warga negara Spanyol.

Super Ballon d'Or dimenangi Di Stéfano di tengah dominasi Real Madrid di tahun 1950-an. Sebelum dianugerahi penghargaan itu, sang legenda sudah terlebih dulu membawa pulang penghargaan Ballon d'Or di tahun 1957 dan 1959.

Di Stefano adalah pemain yang membantu Los Blancos di antara tahun 1956 dan 1960 untuk mengangkat trofi Europan Cup (sekarang Liga Champions Eropa) lima kali berturut-turut.

Meskipun pemain dari luar Eropa, Messi kini mendapat dukungan untuk mengikuti jejak pendahulunya karena koleksi gelar yang dimilikinya dalam perjalanan kariernya yang luar biasa.

Trofi Piala Dunia yang baru diraih Messi bersama Argentina adalah puncak pencapaiannya. Oleh karena itu, ia dinilai layak menerima penghargaan ini.