Usai Qatar Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023, AFC Ucap Terima Kasih kepada PSSI
Presiden AFC, Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa (tengah) bersaa Presiden FIFA Gianni Infantino (kiri) (Foto: AFC.com)

Bagikan:

JAKARTA - Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) menyampaikan ucapan terima kasih kepada Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) setelah Qatar resmi ditunjuk jadi tuan rumah Piala Asia 2023.

Lewat laman resmi, AFC memastikan Piala Asia tahun depan akan berlangsung di Qatar. Ditunjuknya Qatar otomatis menggugurkan Indonesia dan Korea Selatan yang sebelumnya juga ikut dalam proses bidding.

Ucapan terima kasih disampaikan AFC atas kesediaan Indonesia dan Korea Selatan menyatakan minat menjadi tuan rumah untuk tahun 2023.

“Mewakili AFC dan keluarga sepak bola Asia, saya ingin memberi selamat kepada Asosiasi Sepak Bola Qatar yang dianugerahkan hak menyelenggarakan Piala Asia edisi yang akan datang," kata Presiden AFC, Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa.

"Kami juga harus berterima kasih kepada Asosiasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) dan Asosiasi Sepak Bola Korea (KFA) yang telah menyatakan keinginan menggelar turnamen," sambungnya dikutip dari situs AFC.

Piala Asia 2023 dijadwalkan berlangsung pada 16 Juni - 16 Juli. Qatar dipilih setelah tuan rumah sebelumnya yaitu China menyatakan mundur.

Setelah China menyatakan mundur, AFC membuka peluang untuk negara lain yang berminat menjadi tuan rumah. Qatar, Indonesia, Korea Selatan dan Australia menjadi empat negara yang menyatakan kesediaan menggelar Piala Asia 2023.

Namun, dalam proses bidding, Australia menarik diri sehingga menyisakan tiga negara sebagai calon tuan rumah pesta sepak bola Asia. Hingga akhirnya terpilihlah Qatar sebagai tuan rumah.

Dengan terpilihnya Qatar sebagai tuan rumah Piala Asia 2023, itu menjadi kali ketiga turnamen sepak bola terbesar di Asia digelar di negara dengan Ibu Kota Doha itu setelah 1988 dan 2011.