Menpora Beri Restu, PSSI Kian Pede Mengajukan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023
Menpora Zainudin Amali (kiri) bersama Ketum PSSI Mochamad Iriawan. (Foto: Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - PSSI bakal mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Langkah ini mantap dilakukan setelah mendapatkan dukungan dari pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

PSSI sebelumnya masih mengkaji langkah untuk menggantikan China yang mundur sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Pasalnya, perhelatan Piala Asia 2023 akan dihelat berdekatan dengan berakhirnya Piala Dunia U-20 yang juga digelar di Indonesia.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menyebut, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kemenpora. PSSI pun kian mantap untuk maju bersaing dengan Korea, Jepang, Australia dan Qatar yang juga mengajukan diri sebagai tuan rumah.

"Setelah PSSI berkoordinasi dengan pemerintah dalam hal ini Kemenpora, akhirnya PSSI resmi mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023," kata Iriawan dalam laman resmi PSSI.

"Semua persyaratan yang diminta oleh AFC segera kami siapkan dan akan kami kirimkan secepat mungkin," lanjutnya.

Sebelumnya, Menpora Zainudin Amali mengakui ada permohonan dari PSSI untuk maju sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Restu pun diberikan dan berharap Indonesia bisa jadi tuan rumah.

"Hasilnya seperti apa dilihat nanti. Sebab saat ini sudah ada tiga negara yakni Korea Selatan, Jepang, dan Australia yang juga sudah mengajukan diri. Intinya kita mendukung PSSI jika mau menjadi tuan rumah," ujar Menpora Zainudin Amali.

Seperti diketahui, kompetisi sepak bola terbesar Asia ini direncanakan digelar di China. Namun, dalam proses persiapannya, China justru mengundurkan diri lantaran masih fokus pada penanganan pandemi COVID-19 yang belum usai.

Dengan mundurnya China, AFC lalu membuka kesempatan kepada 24 negara yang telah dinyatakan lolos ke Piala AFC untuk mengajukan diri jadi tuan rumah. Momen ini dimanfaatkan negara seperti Jepang, Korea Selatan, Australia, dan juga Qatar.

AFC menetapkan batas pengajuan proposal tuan rumah Piala Asia adalah pada 30 Juni mendatang. Gelaran Piala Asia rencananya dilangsungkan pada 16 Juni hingga 16 Juli tahun depan