Gagal ke Babak Kedua Indonesia Masters 2022, Jonatan Christie: Saya Terlambat Mengubah Strategi
Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie gagal mengamankan tiket babak 16 besar Indonesia Masters 2022 (Cosmas Kopong Beda/VOI)

Bagikan:

JAKARTA — Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie gagal mengamankan tiket babak 16 besar Indonesia Masters 2022. Langkahnya berhenti setelah kalah dari wakil China Zhao Jun Peng.

Jojo, sapaan Jonatan, takluk rubber game 21-10, 14-21, dan 11-21 di Istora Senayan, Jakarta, pada Rabu, 8 Juni. Ia merupakan wakil kedua tunggal putra Indonesia yang kandas di babak pertama.

"Ya tadi, set pertama strategi dengan baik dan tepat, tapi set kedua mungkin musuh sudah membaca permainan saya. Jadi saya terlambat mengubah strategi. Selain itu saya melakukan banyak kesalahan," kata Jonatan usai pertandingan.

Sejak awal gim pertama Jonatan langsung mendapat perlawanan ketat dari Zhao Jun Peng. Namun, setelah kedudukan imbang, 6-6, Jojo mulai menekan lawannya dan bisa memenangi gim tersebut.

Di gim kedua pertandingan juga berjalan ketat. Jojo sempat unggul 8-5, tetapi lawannya mencetak tiga angka beruntun untuk mengidentikan skor dan terus memimpin untuk memenangi gim kedua.

Di gim penentuan Jojo dan lawannya tiga kali menghasilkan angka kembar di sepuluh poin pertama, yakni 1-1, 3-3, dan 5-5 . Akan tetapi, setelah itu Jonatan terus tertinggal sampai laga selesai.

"Setelah itu dia bermain lebih percaya diri dan lebih tenang. Dia mengontrol pertandingan sedangkan saya justru sebaliknya," ujar Jonatan.

Ini merupakan pertemuan keempat Jonatan dengan Zhao Jun Peng. Di tiga pertemuan sebelumnya Jojo tercatat menang dua kali dan kalah satu kali.

Dua kemenangan itu masing-masing diperoleh peraih medali emas Asian Games 2018 itu di babak 32 New Zealand Open 2018 dan perempat final Korea Open di tahun yang sama.

Adapun satu-satunya kekalahan yang dialami Jojo dari Zhao terjadi pada level junior. Kekalahan itu terjadi di perempat final World Junior Championship 2013.

Selain Jojo, tunggal putra Tommy Sugiarto juga kandas di babak pertama turnamen Super 500 BWF ini. Sejauh ini hanya Chico Aura Dwi Wardoyo yang lolos ke babak 16 besar.

Indonesia bisa menambah wakil di babak kedua andai Anthony Sinisuka Ginting dan Shesar Hiren Rhustavito bisa menang atas lawan-lawan mereka.