Vladimir Putin Lazim Luangkan Waktu 2 Jam per Hari untuk Berolahraga, Salah Satunya Judo
Vladimir Putin (Instagram @leadervladimirputin)

Bagikan:

JAKARTA – Presiden Rusia Vladimir Putin dikenal punya minat yang tinggi dengan olahraga. Ia pun menghabiskan waktu dua sampai dua setengah jam per hari untuk berolahraga.

Putin sendiri mengakui mengenai kebiasaannya berolahraga tersebut. Salah satunya menjelang kunjungannya ke China pada tahun 2018 silam.

”Saya mendedikasikan sekitar dua hingga dua setengah jam untuk olahraga setiap hari,” kata Putin kepada China Media Group seperti disitat dari Daily Star, Selasa, 8 Maret.

Di antara berbagai cabang olahraga, Putin lebih cenderung memilih olahraga favoritnya. Ia biasanya berenang dan kemudian meluangkan waktu untuk judo jika ada sparring partner.

”Saya juga bermain hoki meskipun tidak sesering yang saya inginkan. Akan berlebihan untuk mengatakan bahwa saya sebenarnya 'bermain', tetapi saya berusaha keras bisa bermain,” katanya.

Selain itu, Putin juga menyukai sepak bola. Dalam wawancara yang sama, ia mengungkapkan tiga pesepak bola yang ia idolakan.

Di samping Pele dan Diego Maradona, Putin juga menyebut kiper Rusia Lev Yashin. Yashin merupakan satu-satunya kiper yang memenangkan Ballon d'Or dan menghabiskan seluruh karier sepak bola di Dynamo Moscow.

Kegemaran berolahraga membuat Putin dipercaya menjabat sejumlah posisi penting di dunia olahraga. Namun, jabatan dan posisi yang ia duduki belakangan mulai dilucuti sebagai sanksi atas perintahnya menginvasi Ukraina pada Februari lalu.

Putin adalah pemegang sabuk hitam di Judo dan dia memegang posisi di International Judo Federation (IJF). Namun, posisi itu dicopot darinya pada Minggu, 6 Maret kemarin.

Selain Putin, organisasi yang berbasis di Budapest, Hungaria itu juga mendepak pebisnis Rusia sekaligus sekutu sang presiden, Arkady Rotenberg.

”Federasi Judo Internasional mengumumkan bahwa Tuan Vladimir Putin dan Tuan Arkady Rotenberg telah dicopot dari semua posisi yang dipegang di Federasi Judo Internasional,” kata IJF.

Sebelumnya Putin juga kehilangan sabuk hitam yang dimilikinya di cabang olahraga taekwondo. Sabuk hitam merupakan kasta tertinggi dalam olahraga bela diri tersebut. Warna sabuk ini melambangkan kedalaman dan kematangan teknik dan penguasaan diri.