Perbakin Jadikan ISSF Kesempatan Uji Coba Atlet Menembak Persiapan SEA Games Hanoi
Atlet menembak Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba (NOC Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Pengurus Besar Persatuan Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia (PB Perbakin) punya target saat Indonesia menjadi tuan rumah ajang ISSF Grand Rifle/Pistol.

Indonesia untuk pertama kali akan menjadi tuan rumah untuk kejuaraan yang masuk kalender Federasi Olahraga Menembak Internasional Kejuaraan (ISSF) itu pada 8-18 Februari nanti.

Kejuaraan itu pun mau dijadikan Perbakin sebagai uji coba atlet nasional dalam persiapan menuju SEA Games Hanoi 2021 pada 12-23 Mei 2022 nanti.

"Tentu saja, ajang tersebut juga merupakan salah satu uji coba atlet menembak Indonesia menghadapi SEA Games Hanoi nanti," ujar Ketua Harian PB Perbakin Siswanto dikutip dari Antara.

Saat ini sudah ada 21 atlet menembak yang menghuni pemusatan latihan nasional (Pelatnas). Jumlah tersebut dipastikan bertambah seiring mendekatnya ajang se-Asia Tenggara tersebut.

Perbakin akan terus melakukan koordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan seperti Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Komite Olimpiade Indonesia terkait penambahan jumlah atlet Pelatnas.

"Apakah nanti penambahan atlet ini akan menggunakan anggaran mandiri atau seperti apa, tapi yang pasti akan ada penambahan sehingga nantinya total ada sekitar 30-an atlet," kata Siswanto.

Induk menembak nasional itu punya target melampaui SEA Games 2019 lalu di Filipina. Saat itu Indonesia meraih tujuh medali emas, enam perak, dan dua perunggu.

Menembak merupakan satu dari 14 cabang olahraga unggulan yang masuk Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Cabang lainnya yang masuk DBON adalah atletik, bulu tangkis, panjat tebing, senam artistik, balap sepeda, panahan, renang, dayung, karate, taekwondo, wushu, pencak silat, dan angkat besi.