Rekap Hasil Final Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021: Jepang Juara Umum, Singapura Raih Gelar Perdana
Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis telah usai (Foto: BWF Tournament Software)

Bagikan:

JAKARTA - Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021 telah berakhir setelah satu minggu digelar di Huelva, Spanyol. Dalam babak final yang berlangsung Minggu, 19 Desember, Jepang menutup kompetisi akhir tahun ini dengan gelar juara umum.

Di sisi lain, kompetisi ini juga mencatatkan torehan baru bagi Singapura. Untuk kali pertama, wakil dari Negeri Singa itu bisa meraih gelar.

Status Jepang yang pulang sebagai juara umum didapatkan berkat raihan dua medali emas, satu perak, dan dua perunggu. Emas pertama untuk Jepang dipersembahkan dari sektor tunggal putri.

Pebulu tangkis muda mereka, Akane Yamaguchi sukses memukul mundur pebulu tangkis wakil Chinese Taipei, Tai Tzu Ying yang juga pemilik ranking satu dunia. Yamaguchi hanya perlu bermain dua gim selama 39 menit untuk menang 21-14 dan 21-11.

Emas kedua untuk Jepang dipersembahkan sektor ganda putra yang diwakili Takuro Hoki/Yugo Kobayashi. Mereka berhasil merebut gelar juara setelah mengalahkan wakil China, He Jiting/Tan Qiang dengan skor 21-12 dan 21-18 dalam pertandingan berdurasi 38 menit.

Setelah mengumpulkan dua emas, Jepang bisa saja merengkuh emas ketiga. Tapi wakil mereka di ganda campuran setelah Yuta Watanabe/Arisa Higashino yang menduduki ranking nomor empat dunia harus puas dengan perak.

Watanabe/Higashino tumbang dari pasangan Thailand yang merupakan ganda campuran nomor satu dunia, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai. Mereka takluk dalam partai pembuka yang berlangsung selama 46 menit dengan skor 13-21 dan 14-21.

Sementara itu, gelar ganda putri jatuh kepada wakil China, Chen Qingchen/Jia Yifan yang punya titel pebulu tangkis ranking tiga dunia. Mereka mengamankan gelar setelah mengalahkan wakil Korea Selatan yang juga unggulan kedua, Lee So Hee/Shin Seung Chan pada laga final.

Dalam laga final ini juga ada kejutan yang dibuat oleh wakil Singapura, Loh Kean Yew. Pebulu tangkis tunggal putra itu secara tidak terduga melangkah ke final dan mampu memberikan gelar perdana bagi negaranya di kejuaraan dunia.

Loh Kean Yew membawa pulang medali emas Kejuaraan Dunia 2021 perdananya usai mengandaskan perlawanan pemain India, Srikanth Kidambi lewat pertarungan dua gim langsung, 21-15 dan 22-20 di final.

Berikut ini hasil lengkap final Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021 dikutip dari BWF Tournament Software.

Ganda Campuran:

Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang) vs Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand) 13-21, 14-21

Tunggal Putri: Tai Tzu Ying (Chinese Taipei) vs Akane Yamaguchi (Jepang) 14-21, 11-21

Ganda Putri: Cheng Qing Chen/Jia Yi Fan (China) vs Lee So Hee/Shin Seung Chan (Korsel) 21-16, 16-17

Ganda Putra: Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang) vs He Ji Ting/Tan Qiang (China) 21-12, 21-18

Tunggal Putra: Srikanth Kidambi (India) vs Loh Kean Yew 15-21, 20-22