Patahkan Dominasi Pria, NewJeans Disebut Bawa Era Baru K-pop
NewJeans (Instagram @newjeans_official)

Bagikan:

JAKARTA - NewJeans dinobatkan sebagai Grup Tahun Ini dalam ajang Billboard Women In Music 2024. Grup yang beranggotakan Minji, Hanni, Danielle, Haerin dan Hyein itu dinilai punya pengaruh besar sebagai grup K-pop wanita.

Billboard bahkan menyebut NewJeans telah membawa era baru di industri musik K-pop, dan mematahkan dominasi pria yang berlangsung selama bertahun-tahun.

Tidak hanya sebagai grup wanita, NewJeans yang berada di bawah naungan ADOR juga dipimpin oleh pendiri sekaligus CEO wanita, Min Hee Jin. Fenomena ini terbilang langka di industri musik Korea Selatan.

Danielle menyebut Min Hee Jin punya peran besar atas capaian NewJeans sejauh ini. Ia menyebut hubungan para member dan CEO sangat dekat dan hangat.

“Saya tidak dapat membayangkan bagaimana jadinya jika bukan karena CEO kami, Min Hee Jin. Kami sangat dekat dengannya, dan kami merasakan hubungan yang kuat dengannya. Setelah berbincang dengannya, kami terinspirasi dan belajar banyak. Saat kami pergi ke luar negeri dan sebagainya, dia akan mengajak kami berbelanja dan kami makan malam bersama, dan kami menghabiskan waktu berjam-jam tertawa dan berbincang tentang apa yang terjadi dan bagaimana keadaan kami serta bercerita,” kata Danielle, melansir Billboard pada Minggu, 3 Maret.

“Dia sangat konsisten. Dia selalu bertanya-tanya tentang kita dan mengkhawatirkan kita. Dia sangat ramah dan menghubungi kami terlebih dahulu, yang membantu kami merasa sangat nyaman berada di dekatnya. Dia memberi kami nasihat seperti yang dilakukan seorang ibu. Dia bukan hanya seorang CEO yang hebat tetapi juga manusia yang hebat secara umum,” timpal Hyein.

Selanjutnya, para member juga bicara bagaimana mereka sebagai grup wanita bisa menarik banyak penggemar, yang mana dalam sejarah perjalanan K-pop, grup pria lebih mudah menarik penggemar ketimbang grup wanita.

“Ini mungkin ada hubungannya dengan fakta bahwa pasar K-pop menjadi jauh lebih besar. Itulah salah satu alasan mengapa kami memulai dengan begitu banyak perhatian dan cinta dari masyarakat umum. Kami tidak pernah benar-benar menetapkan (tujuan) tertentu, melainkan bertujuan untuk menampilkan penampilan yang kami sukai dengan lagu-lagu yang kami sukai. Saya pikir ini mungkin membantu penggemar kami mencintai kami sejak awal,” ujar Minji.

“Saya setuju dengan Minji. Saya pikir itu juga karena ada begitu banyak saluran yang bisa kami gunakan untuk berkomunikasi dengan penggemar dan publik,” kata Haerin.

Soal gaya musik mereka yang bisa dinikmati banyak kalangan, dan easy listening, Danielle menyebut Min Hee Jin memang menginginkan NewJeans untuk membawakan lagu yang lebih segar dan berbeda, serta mampu dinikmati banyak orang.

Meski setuju dengan pemikiran CEO, para member tidak pernah berpikir bahwa keberadaan mereka akan mengubah gaya musik di pasaran.

“Musik itu sendiri selalu berubah. Namun sebelum kami debut, CEO kami memberi tahu kami bahwa dia ingin melakukan sesuatu yang baru, sesuatu yang segar dan berbeda. Namun dengan itu, dia menginginkannya, tidak peduli siapa anda, berapapun usia atau jenis kelaminnya, anda dapat mendengarkannya dan menikmatinya,” kata Danielle.

“Jadi menurut saya, muncullah musik yang easy listening. Kami tidak terlalu berpikir, ‘Oh, kami akan mengubah musik, itu gila.’ (Semua tertawa). Kami hanya ingin mencoba sesuatu yang baru dan menyenangkan,” tandasnya.