Mengaspal di Indonesia, Lebih Dekat dengan Kawasaki Z e-1 Seharga Rp146 Jutaan
Peluncuran Kawasaki Z e-1 di Indonesia. (Foto: Afrizal Abdul Rahman/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) memperluas jajaran model motornya di Indonesia dengan menghadirkan dua model motor listrik, termasuk Z e-1 yang menonjolkan desain bodywork minimalis.

Tentunya tak sedikit yang penasaran dengan Z e-1 ini. Nah, kali ini VOI ingin mengajak mengenal lebih dalam tentang motor ini. Berikut ulasan lengkapnya:

Desain

8

Kawasaki Z e-1 menampilkan desain sporty yang mirip dengan motor 250 cc. Dengan bodywork minimalis, motor ini menghadirkan gaya streetfighter yang khas dari tipe Z Kawasaki.

Baterai

8

Motor listrik ini dilengkapi dengan dua baterai lithium-ion berkapasitas 30 Ah. Motor penggerak memiliki kekuatan 5 kW atau sekitar 6,7 dk, dengan total tenaga mencapai 9 kW atau sekitar 12 dk. Setiap baterai memiliki bobot 11,5 kg, meningkatkan portabilitas. Baterai dipasang secara paralel di bawah box penyimpanan.

Pengisian daya baterai memerlukan waktu sekitar 3,7-4 jam untuk pengisian penuh dan 1,6-2 jam untuk pengisian sekitar 20-85 persen. Terdapat tiga opsi pengisian daya, yaitu langsung tanpa charging dock (baterai dilepas), dengan charging dock (baterai dilepas), dan dengan baterai terpasang di tempatnya (offboard charge).

Fitur

8

Z e-1 dilengkapi dengan berbagai fitur, termasuk mode berkendara Eco dan Road. Kecepatan mode Road dapat mencapai 85 km/jam, sementara mode Eco mencapai 62 km/jam.

Motor listrik ini ditenagai oleh motor listrik compact brushless yang memberikan akselerasi off-the-line yang kuat dan respons low-end. Fitur e-boost dapat meningkatkan kecepatan instan, mencapai 72 km/jam untuk mode Eco dan 101 km/jam untuk mode Road.

Terdapat juga fitur Walk Mode, memungkinkan pengendara merangkak sangat pelan saat berada di area parkir atau saat mundur.

Kenyamanan

Sistem pengereman menggunakan rem cakram depan dan belakang yang memberikan performa pengereman nyaman. Teknologi ABS menambah kepastian dalam pengereman. Suspensi depan telescopic fork dan belakang bottom-link Uni Trak, gas-charged shock with adjustable spring preload, menjamin kenyamanan berkendara.

Pilihan Warna dan Harga

Kawasaki Z e-1 menawarkan gaya sepeda motor yang menarik dengan warna dan grafis baru, seperti Metallic Bright Silver / Metallic Matte Lime Green / Ebony. Harga Z e-1 Rp146,9 juta on the road (OTR) Jakarta.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai Z e-1, motor listrik terbaru dari Kawasaki yang menawarkan desain menarik, performa andal, dan beragam fitur modern.