Bagikan:

YOGYAKARTA – Rem tromol termasuk salah satu jenis rem yang digunakan pada kendaraan roda empat. Cara kerja rem tromol mobil yakni menggunakan sepatu rem (brake shoe) untuk menahan bagian dalam dari tromol yang berputar bersama-sama dengan roda.

Dengan prinsip kerja tersebut, laju kendaraan dapat diturunkan dan dihentikan. Agar lebih memahami cara kerja rem tromol pada mobil, mari simak ulasan berikut ini.

Komponen Rem Tromol Mobil

Menyadur laman Astra-Honda, berikut ini adalah beberapa komponen rem tromol mobil yang perlu Anda ketahui:

  • Brake drum

Brake drum adalah komponen rem tromol yang terbuat dari baja tuang, bentunya terlihat seperti tabung.

Dalam sistem rem tromol, brake drum berfungsi sebagai media gesek kampas rem saat terjadi pengereman.

  • Brake lining

Brake lining adalah komponen yang berfungsi sebagai media bergeseknya tromol rem. Komponen ini dapat menahan gesekan antara dua buah plate

  • Brake shoe

Brake shoe atau biasa disebut sepatu rem adalah komponen yang berfungsi sebagai dudukan kampas rem. Komponen ini memiliki bentuk persegi panjang dan sedikit melengkung

  • Brake cam lever

Komponen rem tromol ini berfungsi menggerakkan sepatu rem sehingga tromol ikut tertekan. Komponen ini bekerja melalui brake cam di mana bagian ujungnya saling terhubung satu sama lain.

  • Brake cam

Pada sistem rem tromol, brake cam terletak di bagian ujung brake cam lever. Komponen ini menjadi penghubung antara tuas rem yang ditekan oleh pengemudi dan rem yang berinteraksi dengan tromol

  • Return spiring

Return spiring adalah komponen yang berfungsi mengembalikan posisi brake shoe ke posisi awal sebelum adanya tekanan dari tuas rem atau pedal.

Dalam sistem pengereman, return spiring terdiri dari dua macam yakni upper spiring dan lower spiring. Upper spiring berfungsi mengembalikan sepatu rem ke tempat asalnya.

Sementara lower spiring bekerja dengan menekan sepatu agar bisa menekan adjuster-nya.

  • Tuas penghubung

Komponen ini bentuknya seperti batangan besi yang terhubung antara tuas penggerak dengan pedal rem. Di bagian ujung tuas, penggerak umumnya dibekali oleh adjusting screw untuk menyesuaikan ketinggian rem.

  • Anchor pin

Anchor pin adalah komponen rem tromol yang terletak di pangkal brake shoe. Komponen ini berfungsi menjaga sepatu rem sehingga gerakan membuka dan menutupnya lebih lancar.

Cara Kerja Rem Tromol Mobil

Setelah mengetahui komponen rem tromol, berikut ini adalah cara kerja rem tromol mobil:

  • Ketika pengemudi penginjak pedal rem, elemen push rod pada master silinder akan ditekan secara otomatis.
  • Berikutnya, piston bergerak maju sehingga volume depannya menyempit. Volume berisikan cairan minyak rem terdorong keluar melewati outlet valve menuju outlet house pada master rem.
  • Tekanan zat cair tersebut kemudian berubah menjadi energi mekanis pada wheel cylinder.
  • Selanjutnya, piston pada wheel cylinder akan bergerak keluar menekan kanvas rem menyebabkan pedal jadi mengembang.
  • Tekanan tersebut menimbulkan gesekan serta panas pada putaran tromol rem. Putaran drum brake pun akan secara berlahan berkurang dan menekan laju kendaraaan hingga akhirnya berhenti.

Demikian informasi tentang cara kerja rem tromol mobil. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.