Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Jimny: Wajib Tahu Sebelum Membeli!
Suzuki Jimny lima pintu. (Foto: Afrizal/VOI)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Suzuki Jimmy dikenalkan pertama kali secara resmi oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di acara GIIAS (Pameran kendaraan terbesar di Indonesia)  pada tahun 2019 lalu. Lantas, apa saja sih kelebihan dan kekurangan Suzuki Jimny?

Pasalnya, mobil Suzuki Jimny memasuki pasar SUV dengan harga yang relatif tinggi, namun amat dinantikan karena desainnya yang memadukakan elemen moderen dengan retro, sembari tetap menghormati generasi pertamanya, Suzuki Jimny LJ10.

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Jimny

Suzuki Jimny keluaran terbaru menampilkan desain yang terkesan maskulin dengan karakter retro khasnya Jimny yang tetap terpancar. Mobil ini cocok banget bagi penggemar off-road yang mengidamkan perpaduan nuansa modern dan juga retro yang disupport dengan fitur-fitur seperti LED Head Lamp yang berbentuk bundar.

Mobil ini mengenakan mesin K15B 1,5L, 4 Silinder 16 katup. Mobil ini memberikan tenaga sampai 75 Kw/ 6.000 rpm dan torsi maksimum 130 Nm/4.000 rpm. Mesinnya serupa dengan yang dipakai Suzuki Ertiga yang menawarkan efisiensi bahan bakar. Mobil ini juga tersedia pilihan tranmisi otomatis atau manual.

Tapi, kekurangan dari mobil Suzuki Jimny adalah soal harga yang tinggi dan ruang penyimpanan yang amat terbatas.

Spesifikasi Suzuki Jimny

Untuk spesifikasi dari mobil ini ialah mempunyai dimensi panjang 3.645 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.725 mm dengan jarak roda 2.250mm. Mesin K15B 1.5L, 4 silinder 16 katup, hadir dalam pilihan transmisi otomatis (4 percepatan) atau manual (5 percepatan) dan dilengkapi dengan penggerak 4WD.

Sistem kemudinya memakai Recirculating Ball, dan suspensi depan adalah jenis 3-Link Rigid Axle with Coil Spring, sedangkan suspensi belakang adalah 3-Link Rigid Axle with Coil Spring. Ukuran ban yang digunakan adalah 195/80R15. Sistem pengereman termasuk rem depan jenis Solid Disc dan rem belakang jenis Drum, Leading and Trailing.

Mobil ini juga memiliki fitur canggih yang melibatkan AC digital otomatis, audio steering switch, cruise control, serta had unit yang berukuran 6,8 inci. Soal keselamatan, mobil ini dilengkapi dengan electronic stability program, ABS, LSD Traction Control, Hill Start Assist, Hill Descent Assist serta sepasang airbag depan.

Harga Mobil Suzuki Jimny

Meskipun tergolong mobil yang relative mahal, Suzuki Jimny menawarkan berbagaimacam fitur canggih seperti infontainment system touchscreen, AC Otomatis, Stir multifungsi yang membuat mobil ini Nampak modern dibagian interiornya.

Fitur keselamatan dari mobil ini juga menggunakan Electronic Stability Program, Hill Start Assist, ABS, Brake LSD Traction, dan juga Hill Descent Assist yang memberi tingkatan keselamatan yang amat tinggi. Jadi itulah alasan kenapa mobil ini dibanderol dengan harga yang cukup fantastis.

Suzuki Jimny MT Single Tone: Rp443,9 Juta

Suzuki Jimny AT Single Tone: Rp457,5 Juta

Suzuki Jimny MT Two Tone: Rp446,9 Juta

Suzuki Jimny AT Two Tone: Rp458,6 Juta

Eksterior Suzuki Jimny

Perubahan yang paling signifikan pada Suzuki Jimny generasi keempat ini bis akita lihat pada eksteriornya. Dengan tetap mempertahankan konsep modern-retro yang membuat karakter mobil Suzuki Jimny LJ10 generasi pertama tetap kuat.

Mobil terbaru ini tetap menampilkan suasana klasik dan juga generasi pertamanya, hal itu bisa kita lihat dari tangga pada rangka mobil ini yang dilengkapi dengan suspense depan independent dan gandar belakang yang kaku.

Kesan klasik Nampak jelas dari desain kotak dan minimalis dari mobil ini, serta elemen seperti headlamp bulat, fog lamp, dan juga gril dengan kisi-kisi udara vertical pada bumper depan terkesan semakin kuat.

Bagi fans Suzuki Jimny, kalian juga wajib membaca: “Suzuki Jimny Rainforest dan Black Edition Hadir di Malaysia”.

Jadi setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan Suzuki Jimny, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!