Toyota Century SUV Dibanderol Mahal, Toyoda: Yakinlah Mobil Ini Cocok untuk Kalangan Muda
Toyota Century. (Dok. Toyota Global)

Bagikan:

JAKARTA - Tingginya permintaan akan kendaraan utilitas membuat Toyota meluncurkan Century SUV yang generasi sebelumnya merupakan sebuah sedan.

Pabrikan membanderol tinggi harga SUV ini senilai 25 juta yen atau setara Rp2,6 miliar. Dengan demikian, Toyota mengincar pasar dari kalangan eksekutif atau keluarga kerajaan untuk model ini. Namun pemimpin perusahaan, Akio Toyoda, mempunyai pandangan berbeda.

Cucu dari pendiri perusahaan Kiichiro Toyoda ini mengatakan Century SUV akan menarik minat konsumen kawula muda, mengingat model ini memiliki desain yang lebih modern dengan teknologi terkini.

“Saya pikir model ini juga cocok untuk generasi muda dan mereka yang sebelumnya merasa bahwa Century bukan untuk mereka," kata Toyoda dikutip dari Toyota Times, Rabu, 4 Oktober.

Toyoda menambahkan dalam beberapa tahun terakhir, muncul para eksekutif muda yang mulai memiliki model premium seperti Alphard dan Vellfire. Inilah yang membuatnya percaya diri para Century SUV akan menarik minat para golongan ini.

Pasar generasi muda yang mampu membeli kendaraan seperti Century SUV relatif kecil, walaupun harganya jauh lebih murah dibandingkan model mewah lainnya, seperti Bentley Bentayga atau Rolls-Royce Cullinan.

Toyota juga telah mengonfirmasi bahwa mereka akan menawarkan banyak pilihan personalisasi untuk Century SUV, bahkan akan memproduksi varian one-off berdasarkan permintaan, termasuk versi cabriolet.

Century SUV memiliki tampilan sangat megah dan anggun dengan panel pintu berukuran besar yang mengaliri bodi samping. Ukuran yang besar datang dari dimensi panjang 5.205 mm, lebar 1.990 mm, tinggi 1.805 mm, dan wheelbase 2.950 mm. Century tersebut mampu menampung empat orang.

SUV tersebut dilapisi oleh warna eksterior berwarna hitam yang elegan dengan aksen krom pada bodi dan lampu LED yang memberikan pencahayaan maksimal. Sementara, detail seperti penyematan lampu dan elemen mewah pada pilar D, serta karakter elegan yang kuat, menjadikan Century SUV memiliki kesamaan dalam bahasa desain dengan Rolls-Royce Cullinan.

Mengusung teknologi Plug-In Hybrid (PHEV), mobil mewah ini memiliki mesin ,5 liter V6, yang menghasilkan performa bertenaga hingga 406 dk sekaligus mempertahankan pengendaraan senyap yang cocok untuk Century. Sistem PHEV baru ini juga dirancang untuk berfungsi sebagai BEV untuk penggunaan sehari-hari dan sebagai HEV untuk perjalanan jarak jauh.

Mesin tersebut bekerja sama dengan transmisi e-CVT yang dikembangkan oleh Toyota dengan sistem penggerak semua roda atau E-Four Advanced. Mobil ini dapat melaju dengan daya listrik murni hingga 69 km.