5 Teknik Menggunakan Baking Soda untuk Tanaman, Perhatikan Jangan Sampai Salah Cara!
Ilustrasi baking soda untuk tanaman (Pexels/Akil Mazumder)

Bagikan:

PALEMBANG- Orang-orang pada umumnya mengenal baking soda sebagai bahan dalam pembuatan roti. Di dalamnya mengandung natrium bikarbonat yang digadang bisa membantu kurangi serangan jamur, hama tanaman, hingga mengusir semut yang menyerang akar tanaman.

Mengutip keterangan dari ahli pertanian perkotaan bersertifikat, Bonnie L. Grant, ada hal-hal yang perlu diperhatikan ketika memberikan baking soda untuk tanaman kesayangan Anda di rumah.

Memberikan zat natrium bikarbonat pada tanaman tertentu memiliki risiko buruk, kecuali memperhatikan arahan Grant dilansir Gardening Know How, Rabu, 27 Oktober, berikut di bawah ini.

1. Baking soda bisa mengurangi efek penyakit jamur

Mengurangi bukan mencegah, kata Grant. Ketika memberikan campuran 1 persen baking soda dan 99 persen air, tampaknya bisa mencegah beberapa serangan spora jamur tetapi tidak membunuh spora. Tetapi yang dikhawatirkan dapat berdampak pada kesehatan tanaman, seperti membakar daun, akar, dan bagian tanaman lainnya.

Saran dari Grant, jangan semprotkan campuran tersebut di atas pada bagian daun. Oleskan pada bagian batang atau media tanam yang terinfeksi spora jamur. Baik juga jika ditambahkan dengan sabun atau minyak hortikultura untuk mengurangi risiko buruk pada tanaman.

2. Bisa mengurangi embun tepung dan penyakit daun

Untuk tanaman berbuah, seperti tomat dan anggur kerap terserang embun tepung dan penyakit daun. Untuk mencegah terserang, larutkan 1 sendok teh soda kue dengan 4 liter air. Ini bisa mengurangi kejadian luka bakar pada daun.

Tambahkan juga 1 sendok teh minyak dorman dan setengah sendok teh sabun cuci piring agar cairan tidak menempel terlalu lama. Cara pemberian, oleskan dengan jari pada hari yang kering dan berawan supaya mendapatkan hasil terbaik.

3. Hindari tanaman terkena deterjen berbahan dasar pemutih

Sabun cuci piring adalah campuran paling tepat, tetapi hindari tanaman terkena deterjen berbahan dasar pemutih. Serta jangan memberikan campuran apapun penyubur atau zat penghalau penyakit tanaman pada hari yang panas karena bisa membuat tanaman mati.

4. Kelebihan natrium bisa merusak

Kelebihan natrium dalam tanam diserap oleh akar tanaman dan dapat menyebabkan masalah serius pada kebun Anda. Natrium adalah mineral yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh tanaman. Tetapi pada varietas tanaman tertentu membutuhkan natrium untuk membantu mengkonsentrasikan karbon dioksida.

Artinya untuk membantu meningkatkan metabolisme pada tanaman, jangan terlalu banyak memberikan baking soda.

5. Hindari memberikan baking soda di tanah berkapur

Bagi Anda yang tinggal di kawasan tanah berkapur, hindari memberikan baking soda pada tanaman. Ini membuat tanaman layu, jarirngannya kering, dan pertumbuhannya berkurang. Untuk menyuburkan tanaman, usahakan seimbangkan pH, memberi pupuk kandang berkala, dan penyiraman dengan air tawar yang cukup.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.