6 Tips Orang Tua Mengajak Anak Menonton Film Bioskop dengan Aman
Gedung Bioskop

Bagikan:

PALEMBANG- Pemerintah Indonesia sudah mengizinkan bioskop untuk beroperasi atau buka kembali. Anak-anak di bawah 12 tahun sudah boleh pergi ke bioskop bersama orang tuanya, namun hanya khusus di kota-kota di Jawa dan Bali yang masuk dalam pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1 dan 2.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, kapasitas bioskop untuk Kabupaten/Kota di Jawa dan Bali yang sudah masuk dalam level 1 dan 2 bisa dinaikkan menjadi 70%. Pun demikian, Luhut tetap menegaskan bahwa pelonggaran ini tetap didampingi dengan protokol kesehatan serta syarat ketat yang wajib dipatuhi.

Seperti wajibnya penggunaan aplikasi pedulilindungi untuk melakukan skrining awal dan wajibnya pendampingan untuk anak di bawah 12 tahun oleh orang tua. Adapun sebagian tempat yang sudah masuk pemberlakuan PPKM level 1 dan 2 adalah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Denpasar, dan Aceh.

Sutradara film NUSSA, Bony Wirasmono merasa senang akhirnya para orang tua dapat mengajak dan mendampingi anak-anak mereka menonton di bioskop dengan perasaan aman dan nyaman.

“Tentu senang rasanya, rasa rindu menikmati pengalaman menonton di bioskop sudah bisa terobati. Orang tua kini bisa mendampingi anak-anak mereka untuk menyaksikan serunya petualangan Nussa dan Rarra. Namun jangan lupa, protokol kesehatan tetap harus dijaga selama berada di bioskop ya,” ungkap Bony saat dihubungi Kamis, 21 Oktober.

Berikut 6 tips menonton aman bersama anak di bioskop.
1. Makan Kenyang Sebelum ke Bioskop
Sebelum masuk bioskop, pastikan anak dalam kondisi kenyang. Ketika anak kenyang, mereka tidak akan meminta makan sehingga tidak perlu membuka masker sepanjang menonton film di bioskop.

2. Gunakan Masker
Menggunakan masker merupakan hal yang wajib digunakan di mana saja, termasuk ketika di bioskop. Cara ini efektif untuk meminimalisir penyebaran virus yang diakibatkan oleh droplet. Hindari membuka masker selama di dalam studio.

3. Pesan Tiket Telebih Dahulu
Untuk menghindari kehabisan tiket, manfaatkan aplikasi booking tiket bioskop untuk memesan tiket terlebih dahulu. Jangan sampai sudah membawa anak untuk ke bioskop, tapi kehabisan tiketnya.

4. Gunakan Pembayaran Digital
Banyaknya digital payment atau e-Wallet yang menawarkan kemudahan dalam bertransaksi, pihak bioskop menetapkan aturan hanya akan menerima pembayaran digital. Peraturan tersebut untuk meminimalisir sentuhan fisik antara pengunjung dan karyawan.

5. Bawa hand sanitizer
Selalu bawa hand sanitizer kemanapun kamu pergi. Meskipun pihak bioskop menyiapkan hand santizer dan tempat cuci tangan. Namun tidak ada salahnya jika kita membawa hand sanitizer agar lebih higienis.

6. Patuhi Aturan Jaga Jarak
Bioskop menerapkan social distancing antar penonton dengan memberlakukan social distance seating. Patuhilah jarak yang sudah diatur oleh pihak studio bioskop.

Selalu usahakan untuk menjaga jarak selama di dalam studio. Lebih baik hindari jam padat, pilih jam yang sepi dan sebisa mungkin tidak masuk ke dalam studio yang penuh.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.