7 Cara Cerdik agar Wajan Tidak Lengket saat Dipakai Menggoreng
Ilustrasi cara mengatasi wajan lengket saat menggoreng (Unsplash/Srah Shull)

Bagikan:

JAKARTA – Wajan dengan klaim antilengket tidak menjamin akan tidak lengket ketika dipakai menggoreng. Ada faktor-faktor yang memicu wajan lengket, antara lain wajan yang dipakai masih basah, kurang bersih, dan suhu kurang panas.

Cara cerdik agar wajan tidak lengket saat dipakai menggoreng, ikuti tips berikut:

1. Pastikan kering sempurna

Berat masa air dan minyak berbeda, ketika wajan masih basah setelah dicuci dan akan dipakai untuk menggoreng pastikan kering sempurna. Sebab, sisa air bisa membuat lauk yang digoreng dengan wajan bisa lengket.

2. Panaskan terlebih dahulu

Supaya wajan kering sempurna, Anda bisa mengelapnya dengan tisu maupun kain. Bisa juga dengan memanaskan dahulu agar sisa air menguap.

3. Tuang minyak pada saat yang tepat

Ternyata, teknik menuang minyak pun berpengaruh besar pada wajan yang akan dipakai menggoreng. Pastikan menuangkan minyak saat wajan sudah panas. Cara cerdik ini bisa mengurangi potensi lengket ketika sedang asik membalik lauk yang sedang digoreng.

4. Siapkan bahan yang akan digoreng  

Apabila Anda berencana menggoreng bahan frozen, pastikan tidak membeku saat digoreng. Artinya, diamkan sementara waktu pada suhu ruang agar meleleh. Sebelum masuk wajan penggorengan, keringkan permukaan basah dengan tisu.

5. Minimalisir bumbu marinasi ikut digoreng

Selain akan membuat minyak cepat kotor, bumbu marinasi juga menyebabkan wajan lengket ketika dipakai menggoreng. Maka triknya, pastikan bumbu sudah meresap paripurna sehingga ketika digoreng bisa diketuk-ketuk dahulu supaya enggak bikin lengket.

6. Dibalik saat sudah kering

Cara ini merupakan ide cerdik, sebab ketika sudah nyemplung dalam minyak panas, satu-satunya langkah agar tidak lengket dan hancur adalah dengan membiarkan dulu satu sisinya kering baru dibalik. Tips lainnya, Anda bisa mengurangi intensitas membolak-balik gorengan.

7. Cuci wajan dengan air mendidih

Perawatan wajan dan cara menghilangkan kerak juga berpengaruh. Ketika wajan berkerak, tampung air pada wajan dan didihkan hingga beberapa saat. Ini membantu melunakkan kerak dan mengurangi potensi wajan lengket ketika dipakai menggoreng.