Tanda Awal Kehamilan yang Jarang Disadari Ibu Hamil
Ilustrasi (Omurden Cengiz/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Sebagian besar calon ibu biasanya sudah tahu bahwa tanda kehamilan awal umum adalah menstruasi yang terlewat, nyeri payudara, dan mual. Tetapi, ada gejala lain jarang mereka ketahui.

Obgyn dari Pusat Kesuburan Reproduksi di Hollywood, AS, Ellen Goldstein, mengatakan, kebanyakan wanita akan mengalami gejala antara enam hingga 14 minggu. Namun, munculnya mungkin paling cepat seminggu setelah pembuahan.

Selain gejala di atas, berikut beberapa gejala lain yang biasanya tak disadari wanita, dilansir dari Insider, Senin, 20 September.

Lebih sering buang air kecil

Ada beberapa faktor penyebabnya, yakni penekanan pada kandung kemih akibat perut yang makin membesar dan hormon kehamilan yang meningkatkan aliran darah ke kandung kemih sehingga membuat sang ibu sering buang air kecil.

Kram perut

Beberapa orang mengalami kram perut selama trimester pertama. Menurut Goldstein, kram perut di awal kehamilan biasanya disebabkan oleh rahim yang membesar, yang memaksa otot dan ligamen yang menopangnya untuk meregang.

Sembelit

Sembelit lebih sering terjadi di akhir kehamilan, tetapi masih bisa menjadi masalah sejak dini. Goldstein menyarankan untuk mencoba pelunak feses dan meningkatkan asupan serat larut.

Penurunan tekanan darah

Tekanan darah dapat menurun selama trimester pertama atau kedua. Terkadang, ini terjadi akibat peningkatan progesteron melepaskan dinding pembuluh darah.