3 Cara Mudah Merangsang Pertumbuhan Gigi Bayi
Ilustrasi (Tatiana Syrikova/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Tak semua bayi memiliki pertumbuhan gigi yang sama. Ada yang memang terbilang lambat karena faktor turunan atau bahkan manutrisi. Jika gigi si kecil tak kunjung tumbuh di usianya yang sudah menginjak usia 18 bulan, sebaiknya segera melakukan konsultasi bersama dokter gigi untuk evaluasi. 

Namun, sebelum hal tersebut terjadi, setidaknya Anda dapat melakukan 3 cara dibawah ini untuk merangsang tumbuh gigi si kecil. Berikut ini 3 diantaranya seperti dilansir dari laman GenPI, Senin, 6 Agustus.

Beri Makanan Bertekstur Kasar

Saat si kecil sudah memasuki masa MPASI, Anda harus terbiasa untuk mengenalkan varian jenis makanan dengan tekstur padat yang diolah agar dapat dengan mudah dimakan oleh si kecil. Cara ini ditengarai mampu untuk merangsang pertumbuhan gigi pada si kecil.

Memberikan Teether 

Selanjutnya adalah dengan memberikan si kecil teether atau mainan gigitan yang dapat merangsang pertumbuhan gigi si kecil. Disarankan untuk menyesuaikan dengan usia si kecil mengenai jenis teether-nya dan mudah dipegang oleh si kecil. 

Membersihkan Gusi

Hal yang paling penting adalah rutin membersihkan gusi pada si kecil. Sebab kotoran yang menempel pada gusi dapat mempengaruhi pertumbuhan gigi yang terhambat.