Kenali Ciri-Ciri dan 6 Cara Mengatasi Alergi Udang Tanpa Obat
Ilustrasi alergi udang (Unsplash/Jonathan Borba)

Bagikan:

JAKARTA – Mengalami bentol pada bibir dan gatal-gatal setelah makan seafood merupakan salah satu gejala alergi. Pun dengan alergi udang, seseorang bisa mengalami ciri-ciri tersebut.

Penyebab alergi udang paling umum adalah reaksi sistem imun terhadap protein yang dikandung oleh udang. Dikutip dari Medical News Today, Sabtu, 4 September, sistem kekebalan tubuh bisa bereaksi karena menganggap protein tersebut –yang dikandung seafood- dianggap sebagai ancaman.

Maka akan muncul beberapa ciri-ciri sebagai pelepasan histamin, senyawa kimiawi yang memunculkan gejala alergi. Ciri-ciri umum yang kerap dialami setelah beberapa menit atau berselang hitungan hari setelah makan udang adalah sebagai berikut:

  • Ruam pada kulit, biduran, dan gatal-gatal.
  • Suara serak diikuti batuk.
  • Sesak napas.
  • Pusing.
  • Mulut berbentol, tenggorokan bengkak.
  • Sakit perut, muntah, hingga diare.
  • Hilang fokus, hingga hilang kesadaran.

Tanda-tanda alergi udang tersebut di atas bisa dialami dalam waktu singkat. Tetapi, pada beberapa kasus dialami dalam waktu hingga berhari-hari.

Alergi udang juga bisa dialami oleh bayi dan anak-anak. Gejalanya tidak berbeda dengan yang dialami oleh orang dewasa. Artinya orang tua perlu mengidentifikasi makanan apa yang dikonsumsi sebelum terjadi gejala alergi udang.

Dalam mengatasi alergi udang, cara pertama adalah dengan konsultasi ke dokter. Dokter akan melakukan serangkaian tes terkait dengan alergi makanan dan memberikan obat dengan resep. Untuk mengatasinya tanpa obat, ada 6 bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai pertolongan pertama saat alergi udang.

Bahan-bahan alami yang bisa mengatasi alergi udang dengan cepat antara lain sebagai berikut:

  1. Air perasan lemon dicampur dengan air hangat.
  2. Madu dicampur dengan segelas air hangat.
  3. Wedang jahe hangat.
  4. Minyak biji jarak yang dilarutkan dalam air kemudian diminum hangat.
  5. Minum air kelapa.
  6. Makan makanan mengandung vitamin E, antara lain kacang-kacangan

Karena setiap orang memiliki sistem metabolisme dan kekebalan tubuh yang berbeda-beda, apabila alergi udang tidak sembuh dengan bahan alami di atas maka disarankan untuk periksa ke dokter agar mendapatkan solusi yang tepat.