4 Jenis Tumbuhan Paku dan Ragam Manfaatnya yang Perlu Kita Ketahui
Ilustrasi tumbuhan paku (Wesner Rodrigues/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG- Bagaimana sih cara merancang dekorasi rumah yang terlihat menyegarkan dan natural? Anda bisa mempertimbangkan menanam tumbuhan paku dalam pot di hunian Anda jika anda punya hobi desain rumah. Ciri khas dari tumbuhan paku adalah daunnya yang menggulung saat masih muda. Jika sudah lebih tua, daunnya akan melebar ke atas disertai dengan adanya serabut halus. Dari segi bentuk, banyak jenis tumbuhan paku yang bisa Anda pilih untuk menghias ruangan.

Bukan hanya untuk dekorasi, tumbuhan paku nyatanya dapat Anda manfaatkan pula untuk keperluan kesehatan. Berikut ini, Kania sudah merangkum beberapa jenis tumbuhan paku yang bisa membuat hunian Anda makin segar, sekaligus punya manfaat keren untuk menangani gaya hidup dan berbagai masalah kesehatan.

Tumbuhan Paku Pedang

Jenis tumbuhan paku yang satu ini memiliki batang yang bercabang dan berkayu. Daun-daunnya sendiri panjang dan sangat tipis, tersusun dengan bentuk meruncing. Kalau mau membuat suasana rumah yang tropis, paku pedang merupakan pilihan yang tepat. Selain cocok untuk dekorasi bernuansa tropis, paku pedang juga bisa Anda andalkan sebagai tanaman herbal untuk pembuatan obat cacing sampai mengobati kanker perut.

Tumbuhan Paku Kawat

Paku kawat sering dijadikan dekorasi karena bentuknya yang unik. Anda bahkan bisa mengira tumbuhan paku ini tidak memiliki daun karena batangnya yang tebal. Padahal, itu merupakan daun tipis yang seakan menyatu dengan batang-batangnya.

Dalam satu batang paku kawat, Anda akan menemukan banyak daun yang bertumpuk. Anda bisa memanfaatkan tumbuhan paku kawat untuk meredakan berbagai penyakit kulit. Mengalami gatal-gatal, kemerahan, ataupun kulit kering? Coba saja jajal manfaat jenis tumbuhan paku yang satu ini.

Tumbuhan Paku Ekor Kuda

Paku ekor kuda adalah jenis tumbuhan paku yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh jika diolah dengan baik. Tumbuhan ini kerap dijadikan obat herbal untuk membantu memperlancar buang air besar jika seseorang sembelit. Bentuknya sendiri menyerupai daun-daun kecil yang tersusun seperti karang. Bentuk daunnya melingkar dan seperti memiliki sisik. Jika dilihat secara keseluruhan, tumbuhan ini mirip ekor kuda. Sebagian orang juga melihat tumbuhan paku ini mirip dengan model daun cemara.

Tumbuhan Paku Tanduk Rusa

Tumbuhan paku yang satu ini sering dijadikan tanaman gantung untuk menghias dekorasi dinding. Disebut sebagai paku tanduk rusa karena tumbuhan ini memiliki daun melebar ke atas, kemudian terbagi menjadi dua bagian di ujung atas sehingga terlihat seperti tanduk. Selain membuat dinding makin manis, tumbuhan paku ini punya banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari menurunkan demam, melancarkan menstruasi, mengobati bisul, sampai mengurangi peradangan rahim.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.