7 Lomba 17 Agustus yang Paling Dirindukan
Lomba Panjat Pinang (Foto: ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia selalu identik dengan beragam permainan atau perlombaan seru yang diikuti oleh berbagai kalangan dari anak-anak hingga orang dewasa.

Biasanya, perlombaan diadakan dari pagi hingga sore hari pada tanggal 17 Agustus di setiap Rukun Tetangga (RT) sehingga dapat mempererat hubungan persaudaraan antar tetangga. Bahkan, di beberapa daerah ada yang menggelar kegiatan sejak beberapa hari sebelumnya.

Berbagai permainan khas 17 Agustus itu memang sangat seru untuk diikuti. Namun, saat ini Indonesia masih menghadapi pandemi COVID-19 sehingga perayaan HUT ke-76 RI tak bisa semeriah dulu. Dikutip dari ANTARA, Pemerintah juga telah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari tanggal 17 Agustus hingga 23 Agustus 2021 guna menekan laju penularan COVID-19.

Berikut makna 7 lomba khas 17 Agustus yang paling dirindukan di masa pandemi. 

1. Panjat Pinang

Di setiap daerah, panjat pinang tampaknya telah menjadi permainan yang wajib digelar setiap perayaan HUT Kemerdekaan RI.

Permainan ini diikuti oleh anak-anak hingga orang dewasa. Mereka harus bergotong royong membantu satu sama lain untuk memanjat batang pohon pinang yang telah dilumuri oli. Jika berhasil sampai ke puncak, peserta dapat membawa pulang hadiah yang digantung di sana.

2. Balap Karung

Lomba balap karung juga telah menjadi salah satu permainan paling seru untuk diikuti saat perayaan HUT Kemerdekaan RI.

Para peserta memasukkan kedua kaki mereka ke dalam karung kemudian berlomba-lomba pencapai garis finis.Tak hanya diikuti oleh anak-anak, orang dewasa juga selalu mengikuti permainan ini.

3. Balap Bakiak

Permainan balap bakiak membutuhkan kerja sama tim yang kompak. Biasanya, satu tim terdiri dari tiga sampai lima orang.

Sesuai namanya, peserta menggunakan bakiak atau sandal panjang yang terbuat dari kayu. Setiap tim harus kompak melangkahkan kaki mereka dan menjadi yang tercepat untuk sampai ke garis finis.

4. Tarik Tambang

Permainan tarik tambang juga tak pernah ketinggalan digelar dalam perayaan HUT Kemerdekaan RI. Permainan ini juga membutuhkan kerja sama tim yang baik.

Dua tim akan berhadapan untuk menarik tambang ke daerah masing-masing. Tim akan kalah jika salah satu atau seluruh anggota terjatuh karena tidak kuat lagi menarik tambang tersebut.

5. Balap Kelereng

Balap kelereng menjadi salah satu permainan yang paling populer saat merayakan HUT Kemerdekaan RI, terutama di kalangan anak-anak.

Para peserta harus berlomba-lomba sampai ke garis finis sambil menggigit sendok yang di atasnya terdapat sebuah kelereng. Jika kelereng terjatuh, maka peserta harus mengulang dari garis start.

6. Gigit Koin

Sesuai namanya, permainan gigit koin mengharuskan peserta mengambil koin yang ditancapkan pada buah semangka dengan cara digigit. Peserta yang paling banyak mengambil koin akan menjadi pemenangnya.

7. Makan Kerupuk

Lomba makan kerupuk juga menjadi salah satu favorit masyarakat Indonesia. Peserta harus memakan kerupuk yang digantung dengan tali. Lomba ini cukup sulit karena tali yang mengikat kerupuk akan bergoyang-goyang tertiup angin sementara peserta tidak dibolehkan memegang kerupuk.