Pernah Mengalami Kondisi Telinga Berdenging atau Tinnitus? Ketahui Inilah Penyebabnya
Ilustrasi tinnitus atau telinga berdenging (Freepik/cookie_studio)

Bagikan:

PALEMBANG- Tinnitus adalah istilah medis ketika kondisi telinga. Mengalami denging pada telinga bukan merupakan sebuah penyakit. Namun, tinnitus bisa menjadi sebuah gejala terjadinya masalah pada kesehatan.

Dilansir dari  WebMD,  Selasa, 13 April, penyebab telinga berdenging antara lain sebagai berikut:

kerusakan pada rambut-rambut di dalam telinga

Apapun bagian dalam tubuh, meski terlihat sepele atau diabaikan tetapi menjalankan fungsi penting. Termasuk kerusakan pada rambut-rambut dalam telinga yang mengubah sinyal ke otak. Rambut tersebut mengotrol bagaimana Anda mendengar suara.

Penyebab pertama dari telinga berdenging ini bersifat sementara. Tetapi mungkin tidak hanya berlangsung seumur hidup. Dan pada tataran normal tinnitus yang disebabkan rambut-rambut kecil merupakan efek dari penuaan.

Dialami usia 60 ke atas

Suara yang mengganggu ini, acap kali diharapkan secara mistis. Bahkan kadang dianggap sebagai ada orang yang aneh atau  ngomongin  di belakang. Padahal, secara ilmiah disebabkan oleh bertambahnya usia. Semakin bertambah, denging telinga sering didengar.

Pada umumnya, denging didengar di kedua telinga dan ada kemungkinan mendengar suara dengan frekuensi tinggi.

Suara yang terlalu keras

Pernah 'kah telinga Anda berdenging ketika berada di depan  keluaran suara  dengan volume terlalu keras? Ya,  bisa jadi ini adalah pengalaman yang dialami pada saat menonton konser atau acara. Alat pengeras suara dapat membuat tidak nyaman dan menyebabkan gangguan pendengaran bila volume diputar keras.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .