Ketahui Inilah 5 Tanda Bahwa Tubuh Butuh Istirahat
Ilustrasi (Ketut Subiyanto/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG- Kesibukan rutin sehari-hari akan membuat anda kelelahan. Mulai dari rapat di pagi hari, bekerja di kantor hingga olahraga, dan berolahraga hingga malam hari. Artinya, Anda hanya memiliki waktu untuk beristirahat sebelum tidur malam.

Jika terus-menerus dilakukan, maka tubuh akan 'berteriak' dengan caranya sendiri. Berikut ini adalah tanda-tanda yang menunjukkan bahwa sudah saatnya tubuh Anda butuh istirahat.

Mudah Terkena Penyakit

Tubuh butuh istirahat. Jika terlalu diforsir, kondisinya akan menurun. Misalnya, olahraga yang berlebihan dapat menyebabkan nyeri otot. Padahal, menurut penelitian dari Rice University, Texas, AS, seperti dikutip dari  Healthline , Jumat, 26 Februari, sebaiknya diberi waktu istirahat hingga 48 jam setelah melakukan olahraga berat.

Tak hanya otot, jika badan juga setiap hari digunakan untuk beraktivitas tanpa istirahat yang cukup, maka kondisi tubuh pun akan  drop  dan Anda akan mudah terkena masalah kesehatan seperti virus, seperti flu.

Perubahan Mood dan Capek Terus Menerus

Tanda lainnya jika Anda terlalu bebas dari diri adalah mudah depresi dan  moody . Biasanya, hal ini terjadi bukan hanya karena masalah fisik, tetapi juga karena otak diajak berpikir terlalu keras. Ketika Anda merasakan hal tersebut, ada berhenti sejenak dari kesibukan yang sedang dijalani dan istirahatlah.

Detak Jantung Tidak Normal

Salah satu cara terbaik untuk mengukur kapan tubuh perlu istirahat adalah dengan memeriksa detak jantung. Usahakan untuk memeriksa jantung Anda di pagi hari saat bangun tidur, bisa menggunakan dua jari tengah yang diletakkan di leher atau dengan mengecek lewat tangan bagian bawah. Denyut jantung normal saat istirahat untuk orang dewasa berkisar 60-100 kali per menit.

Air Seni Berwarna Kuning Kecokelatan

Salah satu indikasi yang paling mudah dilihat apakah Anda masih bisa melanjutkan aktivitas atau membutuhkan istirahat adalah dengan mengecek warna urin. Ketika air seni Anda berwarna kuning kecokelatan, tandanya tubuh sedang dalam kondisi yang tidak baik sebagai penanda jika Anda sedang terkena dehidrasi. Beristirahatlah terlebih dahulu dan jangan lupa untuk minum air mineral sebanyak mungkin.

Tubuh Merasa Kaku

Menurut Noam Tamir, Certified Strength and Conditioning Specialist dan pemilik TS Fitness New York City, jika tubuh tidak memiliki mobilitas tepat, maka akan terjadi disfungsi dalam pola gerakan. Dengan kata lain, melakukan kegiatan yang sama secara berulang (lari, bersepeda, atau mengangkat beban) tanpa pemulihan yang tepat akan menyebabkan tubuh cedera, sehingga menjadi kaku. Tamir merekomendasikan ketika tubuh mulai terasa kaku, sebaiknya beristirahat terlebih dahulu dan melakukan banyak peregangan untuk menjaga tubuh tetap fleksibel.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI dengan judul Kapan Tubuh Butuh Istirahat? Segera Kenali 5 Tandanya . Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .