4 Cara Menyeimbangkan Logika dan Emosi agar Dapat Besikap Lebih Bijak
Ilustrasi cara menyeimbangkan logika dan emosi (Pexels/Anastasia Shuraeva)

Bagikan:

PALEMBANG- Ada dua jenis emosi pada diri manusia, yakni emosi positif dan negatif. Menurut penelitian yang dilakukan L. Pessoa dan R. Adolphs tahun 2010, ada 25 macam dimensi emosi. Mulai dari kecemasan, kekaguman, kecanggungan, kebosanan, ketenangan, kebingungan, keinginan, rasa empati, takut, sedih, dan lainnya.

Dalam pengambilan keputusan, misalnya, emosi terlibat dengan logika. Jika berat disalah satunya, maka bisa-bisa hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Agar tetap bijak ketika mengambil keputusan, ada 4 tips untuk menjaga logika dan emosi tidak imbang.

Singkirkan faktor-faktor yang merugikan Anda

Mungkin ada pihak-pihak yang tidak terlalu menguntungkan atau membuat suasana semakin seru. Hal tersebut dapat membuat Anda jauh dari keaslian Faktor perasaan Anda sendiri. Faktor tersebut juga dapat mengubah arah, yang awalnya logistik menjadi kurang realistis.

Maka berusaha mendengarkan suara hati dari dalam diri yang luangkan waktu untuk diri sendiri dan terpisah dari pendapat orang lain.

Pakailah metode yang disarankan, yaitu HALT

Metode ini dikenal karena mengutamakan kesehatan mental. Selain itu, metode ini juga dipakai dalam bidang bisnis sehingga bisa lebih kalkulatif tetapi tidak terpengaruh emosi diri. Metode ini merupakan akronim dari  lapar, marah, kesepian, lelah.

Ini merupakan rekomendasi bahwa pengambilan keputusan jangan saat Anda lapar, marah, merasa sendiri, dan kelelahan. Empat kondisi tersebut dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk mengembangkan kemungkinan atau pilihan yang ada.

Buat daftar pro, kontra, dan risiko

Dengan tenang, buat dan buat daftar mengenai por, kontra, dan risiko. kadang-kadang cara paling sederhana ini sangat membantu untuk memposisikan perspektif secara tepat.

Baiknya lagi, pertanyaan terkait ketiganya bisa mengarahkan Anda secara intuitif ke pilihan yang terbaik. Semakin Anda tahu risiko yang akan ditanggung, maka semakin Anda mengerti seberapa besar perlu berkorban.

Jalani aktivitas yang menyenangkan

Menjalani aktivitas yang menyenangkan bisa mendukung emosi bisa dinegosiasi. Anda juga bisa lebih tenang ketika mengambil keputusan dan pikiran menjadi lebih jernih.  

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI dengan judul Biar Lebih Bijak, Begini 4 Cara Menyeimbangkan Logika dan Emosi . Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .