Agar Kulit Sehat dan Cerah, Lakukan 5 Kebiasaan Ini Seminggu Sekali
Ilustrasi perawatan kulit seminggu sekali (Pexels/Ivan Samkov)

Bagikan:

JAKARTA – Kulit sehat dan cerah membuat penampilan keseluruhan terlihat lebih muda. Berbeda jika wajah kusam tanpa berhias senyuman. Jadi, selain melakukan kebiasaan-kebiasaan perawatan sederhana seminggu sekali, tetaplah tersenyum.

Apakah Anda kurang memperhatikan kulit akhir-akhir ini? Kebiasaan di bawah ini, bisa dilakukan seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

1. Memakai masker wajah

Masker wajah bermanfaat membantu menutrisi kulit. Selain bisa menutrisi kulit dari dalam, yaitu dengan konsumsi makanan sehat, Anda bisa memakai masker wajah seminggu sekali.

Sesuaikan jenis masker yang cocok dengan kulit Anda. Bisa dengan resep dermatologis atau bahan-bahan alami dan dibuat sendiri di rumah.

2. Eksfoliasi

Eksfoliasi bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan membantu regenerasi sel kulit baru secara lebih efektif. Ada beberapa produk yang mengklaim sebagai masker dengan scrub dan berfungsi mengeksfoliasi.

Tetapi ada juga yang khusus eksfoliasi. Toner juga bentuk produk perawatan lain yang bermanfaat mengangkat sel kulit mati.

Saat melakukan eksfoliasi, bisa dilengkapi dengan memijat wajah. Langkah ini bermanfaat memperlancar peredaran darah sekitar wajah.

3. Pakai scrub dari beras

Meskipun efeknya tidak jauh berbeda dengan eksfoliasi, memakai masker scrub dari beras ini merupakan kebiasaan wanita Jepang. Bahkan, produk perawatan dan makeup banyak yang menggunakan beras sebagai bahan dasarnya, misalnya pada produk SK II.

Caranya, rebus 5 sendok makan beras dengan air ¼ liter. Pisahkan airnya, halusnya berasnya dan campurkan dengan madu atau susu hingga jadi pasta. Aplikasikan sebagai scrub kulit, bersihkan, dan terakhir oleskan toner air rebusan beras yang sudah didinginkan.

4. Ganti sarung bantal

Sarung bantal jika sudah lama tak diganti bisa jadi tempat berkembang bakteri yang memperburuk kondisi kulit. Bahkan bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat. Setidaknya, minimal ganti sarung bantal seminggu sekali.

5. Ganti handuk wajah dan bersihkan brush

Apakah Anda memakai handuk wajah terpisah dengan handuk badan? Apabila ya, ganti handuk wajah seenggaknya seminggu sekali. Jangan lupa cuci brush dan aplikator riasan lainnya, seperti spons bedak.

Adakah 5 kebiasaan di atas yang rutin Anda lakukan untuk menjaga kulit tetap sehat dan terlihat lebih muda?