Tips Self Care bagi Kepribadian Introver agar Tidak Stres dan Lelah Mental
Ilustrasi cara self care untuk introver (Unsplash/rw studios)

Bagikan:

PALEMBANG- Bagi orang yang cenderung cenderung introvert, menikmati waktu sendiri adalah hal yang menyenangkan. Bahkan ketika bekerja di rumah seperti saat pandemi, introvert enggak terlalu lama waktu kontak sana-sini. Tetapi, meski enggak banyak membuka obrolan bukan berarti seorang introvert jauh dari tekanan dan stres.

Merawat jiwa dan raga juga dibutuhkan bagi kaum introver. Meski interaksi sosial terbatas dan karakter pribadi yang lebih bisa menikmati kesendirian, begini tips  perawatan diri  yang bisa dilakukan agar terhindar dari perasaan  suram , tertekan, hingga stres.

Berkebun atau merawat tanaman

Banyak studi yang mengulik tentang manfaat positif dari berkebun dan merawat tanaman. Aktivitas terapi macam ini bisa membuat seseorang fokus pada sesuatu. Bisa juga dijadikan aktivitas yang menjernihkan pikiran.

Olahraga yang menyenangkan

Ada berbagai jenis olahraga, misalnya olahraga di dalam ruangan atau di luar ruangan. Seorang introvert bisa merilis stres dengan olahraga di luar ruangan. Baik dengan beryoga, bersepeda, maupun jalan ke sekitar kompleks tempat tinggal.

Jangan jeda untuk melakukan kebiasaan baru  ya . Seperti menghindari, memakai masker, dan memilih tempat-tempat terbuka. Anda bisa memasang  headphone  dan mendengarkan musik sambil  joggingberjalan , maupun  bersepeda .

mengatur, mengatur, dan merapikan barang di rumah

Aktivitas  mendeklarasikan  juga akan bermanfaat bagi seseorang introver. Analogi paling mudah, apabila tempat tinggal rapi dan terorganisir maka kemungkinannya jauh dari stres.

Masak makanan spesial

Memberi  hadiah  untuk diri sendiri berupa memasak makanan favorit bisa termasuk  perawatan diri . Anda bisa membeli bahan lewat  marketplace  dan jadwalkan waktu  saya  untuk menikmati momen meracik, mengolah, dan menikmati makanan yang dimasak sendiri.

Menulis jurnal

Apa yang membuat seseorang bersyukur, perlu dituliskan dalam sebuah jurnal pribadi. Menulis jurnal atau buku yang berisi tulisan-tulisan tentang lintasan pikiran, emosi, maupun ucapan syukur bisa membuat beban hidup lebih ringan.

Bahkan manfaat  self care  yang satu ini tidak hany bisa dilakukan oleh seorang introver. Setiap orang bisa melakukannya.

Mandi air hangat

Cara  perawatan diri  ini paling murah, sebab tinggal menikmati air suam-suam yang merilekskan. Anda bisa memasukkan  playlist  musik yang mengiringi aktivitas mandi. Bisa juga berendam dan bersantai sebentar lagi.

Adakah cara-cara di atas masuk dalam daftar Anda untuk  perawatan diri ?

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI Sumsel dengan judul Tips untuk Introver, Begini Cara Merawat Diri Mengatasi Stres . Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .