Selain Gula, Ini 4 Jenis Makanan yang Bisa Picu Timbulnya Diabetes
Ilustrasi (Eiliv-Sonas Aceron/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Penyakit diabetes bisa muncul karena beberapa faktor, salah satunya yaitu makanan. Namun, banyak orang yang salah menilai kalau diabetes hanya akan timbul jika seseorang terlalu banyak mengonsumsi gula atau makanan manis. Nyatanya, makanan penyebab diabetes juga banyak macamnya. 

Menyadur laman Herstory, Rabu, 28 Juli, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan penyakit diabetes. Simak dan catat baik-baik, ya.

Karbohidrat olahan

Makanan dengan karbohidrat olahan seperti nasi putih dan tepung terigu sangat mudah dicerna tubuh. Ini mengakibatkan gula darah dan kadar insulin dapat meningkat dengan cepat. Penyerapan insulin yang terlalu cepat dapat mengakibatkan diabetes tipe 2. Karbohidrat olahan seperti ini tidak mengandung serat dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Anda bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah atau tepung terigu dengan tepung jagung maupun singkong.

Makanan lemak jenuh dan trans

Makanan dengan lemak jenuh dan trans dapat meningkatkan kolesterol dalam darah dan kalau sudah tinggi, dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

Lemak jenuh bisa Anda temukan dalam daging berlemak, mentega, susu tinggi lemak, dan keju. Sedangkan lemak trans umumnya dapat Anda temukan pada gorengan. Mulai sekarang, coba menggoreng makanan dengan minyak zaitun atau canola, ya.

Minuman dengan pemanis buatan

Minuman dengan pemanis buatan, seperti soda atau teh manis dapat menyebabkan diabetes tipe 2. Minuman jenis ini mengandung kalori dan gula yang tinggi sehingga dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan resistensi insulin. Untuk menghindarinya, lebih baik Anda banyak mengonsumsi air putih agar tubuh bisa lebih sehat. Jangan sampai risiko diabetes menghampiri Anda!

Daging merah olahan

Daging merah olahan juga menjadi salah satu penyebab diabetes karena mengandung kadar natrium (sodium) dan juga nitrit yang tinggi. Cobalah cari sumber protein lain selain daging merah olahan, seperti daging ikan salmon, ikan sarden, telur, atau daging sapi yang diberi makan rumput.