5 Faktor yang Memengaruhi Kepuasan Hubungan Suami Istri
Ilustrasi pasangan suami istri (Unsplash/Jeremy Banks)

Bagikan:

JAKARTA – Bagi pasangan jangka panjang atau pasangan menikah, seks bisa jadi lebih memuaskan sebab mengetahui kesukaan, ketidaksukaan, kebiasaan, dan preferensi masing-masing. Aspek keseharian bisa juga jadi penghalang, tetapi harusnya menempatkan seks sebagai satu hal yang spesial.

Untuk membuatnya tetap menarik dan selalu mengingini satu sama lain bisa diusahakan. Misalnya diawali dengan menghabiskan waktu berdua saja, kencan ke tempat bersejarah dalam kisah asmara Anda dan pasangan, maupun memperbaiki pola komunikasi.

Nah, apa saja faktor yang memengaruhi kepuasan hubungan seksual Anda dan pasangan? Berikut dilansir dari Verywell Mind yang bisa diusahakan atau dibangun sebagai pilar utama untuk mendapatkan keintiman yang tetap hangat.

1. Komunikasi

Mungkin ini terdengar klise, tetapi komunikasi adalah faktor penting bagi pasangan suami istri. Ketika Anda dan pasangan punya pekerjaan masing-masing yang membuat sedikit jarak tentu bisa dieratkan kembali dengan komunikasi.

Mengobrol tentang hal-hal ringan bisa jadi awal yang menyenangkan. Kemudian bisa saling bertukar pikir serta perasaan terdalam satu sama lain. Pola komunikasi bisa menyulam keintiman dan merasakan aktivitas seksual yang hebat.

2. Saling tahu keinginan dan harapan masing-masing

Dengan komunikasi, pasangan bisa berbagi cerita tentang keinginan dan harapan masing-masing. Dengan komunikasi pula pasangan bisa saling terbuka perihal pemikiran serta fantasi. Kejujuran dan keterbukaan jadi faktor kedua yang besar pengaruhnya pada kepuasan hubungan seksual.

3. Punya agenda

Kesibukan bukan alasan untuk mengabaikan bermesraan dengan pasangan. Oleh karena itu, setiap pasangan perlu punya agenda yang khusus dihabiskan untuk berdua.

4. Aspek afektif yang erat

Tidak hanya berbagi kata secara verbal, aspek afektif yang diekspresikan lewat tindakan juga bisa dipererat dengan memberi pelukan, berlaku genit sesekali, dan beri kecupan setiap hari. Anda juga bisa mengirim pesan yang romantis untuk membangun gairah malam nanti.

5. Inisiatif bercinta lebih sering

Jangan pernah menganggap pasangan Anda adalah satu-satunya orang yang punya tanggung jawab memberikan inisiatif pada Anda. Artinya, inisiatif merupakan tanggung jawab berdua untuk mendapatkan hubungan intim yang menyenangkan.

Disamping lima faktor di atas, Anda dan pasangan perlu jaga diri baik-baik. Sebab kehidupan seks yang sehat berkaitan dengan kesehatan fisik, emosional, dan mental.