<i>Mitoni Nggak Kaleng-kaleng</i>, Nella Kharisma dan Dory Harsa Undang Ki Manteb Soedharsono
Nella Kharisma Hamil (Foto: IG @nellakharisma)

Bagikan:

JAKARTA - Sempat merahasiakan kehamilannya hingga berusia enam bulan, Nella Kharisma semakin bahagia ketika kehamilannya sudah memasuki usia tujuh bulan. Bersama dengan suaminya, Dory Harsa bersiap menyambut kelahiran sang buah hati pertamanya. Mereka menggelar acara mitoni atau tingkeban yang sakral.

Prosesi tingkeban merupakan tradisi menyambut kelahiran anak pertama yang menginjak usia kandungan 7 bulan. Dilakukan dengan tujuan mendoakan bayi agar lahir lancar dan normal. 

Dalam adat Jawa, mitoni memiliki serangkaian upacara sebagai simbol doa dan harapan untuk ibu dan bayi dalam kandungan. Salah satu simbolnya adalah memandikan sang ibu dengan air bunga setaman. Gayung yang digunakan terbuat dari batok kelapa. 

Siraman ini bertujuan untuk membersihkan secara lahir dan batin dari calon ibu dan bayi yang ada di dalam kandungan. Calon ibu juga harus mengenakan 7 macam kain dengan berbagai jenis motif atau sering disebut dengan jarik, ini dilakukan 7 kali pada kain ke tujuh di jawab “pantes.”

Orangtua bergantian memandikan ibu hamil sambil mengucap doa. Rupanya, salah satu orang tua yang diminta Rody dan Nella bukan sembarangan. Dalam Instagram Dory Harsa terlihat dalang Ki Manteb Soedharsono ikut berpartisipasi dalam acara spesial mereka dengan mengusap kepala pasangan suami istri itu.

Sebagai seniman jawa, dalang legendaris Ki Manteb Sudharsono bukan sembarangan. Ki Manteb Sudharsono bisa dibilang dalang paling mahal di Indonesia saat ini. 

"Terima kasih kedatangannya Eyang @ki_manteb_soedharsono_official, yang telah memberikan doa restu kepada saya bersama istri," tulis Dory dalam bahasa Jawa, dikutip pada Senin, 14 Juni. 

"Semoga kelak jadi anak yang berbakti kepada orangtuanya, bermanfaat bagi negara dan agamanya," tulis Dory.