9 Kebiasaan Sederhana Ini BIsa Menyebabkan Penuaan Dini pada Kulit, Namun Jarang Disadari
Ilustrasi penuaan dini pada kulit wajah (Unsplash/speckfechta)

Bagikan:

PALEMBANG - Kulit dapat menjadi tua atau mengalami penuaan dini. Penuaan pada kulit tidak hanya disebabkan oleh paparan cahaya matahari. Meski ini adalah penyebab paling umum terjadi, tanpa disadari beberapa hal sederhana seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

Banyak konsumsi makanan manis

Tidak hanya memperlebar lingkar pinggang, banyak konsumsi makanan manis menyebabkan proses glikasi merusak elastisitas dan kolagen pada kulit. Ini akan menyebabkan kulit menjadi keriput. Maka, nikmati makanan manis secukupnya saja agar tidak memengaruhi kesehatan maupun penampilan Anda.

Olahraga berlebihan

Alih-alih mendapatkan tubuh yang sehat, berlebihan justru berpengaruh buruk pada banyak hal. Termasuk membikin kulit jadi kendur. Lebih spesifik lagi, Anda tidak perlu  joging  berlebihan agar tidak merusak kolagen.

Ahli menyarankan, olahraga lari yang singkat dan sesuai kemampuan sehingga tidak memengaruhi kulit wajah.

Lupa mengganti sarung bantal

Mengganti sarung bantal secara rutin untuk pori-pori. Sebab sarung bantal berbahan katun dapat menampung kotoran, minyak, serta sisa-sisa produk perawatan kulit sehingga membikin masalah pada kulit wajah.

Bahan sarung bantal yang rekomended adalah sutra maupun satin. Sarung bantal katun dapat menyerap kelembapan kulit. Jikapun memakai sarung bantal katun, pastikan suhu kamar tidur netral dan Anda perlu menggantinya secara rutin.

make up salat 

Riasan atau  makeup  memberikan efek visual agar lebih memesona. Tetapi apabila salah memilih  nada , justru akan berefek sebaliknya. 14:56

Terlalu banyak minuman beralkohol

Meskipun anggur pada ukuran tertentu baik untuk kesehatan, tetapi jika terlalu banyak tidak akan menguntungkan untuk kulit Anda. Dilansir  Shape Magazine , Senin, 26 April, alkohol dapat memicu munculnya rosacea, jerawat, dan kerutan di kulit wajah.

Sering mengalami stres

Stres dalam tingkat yang aman dapat meningkatkan dan memperbaiki kinerja. Tetapi, ketika stres tidak dapat dikendalikan oleh pengaruh buruknya pada fisik dan mental. Hal yang dapat menurunkan kolagen.

Hal paling besar, mengalami stres berisiko penyakit kronis, depresi, tidak dapat fokus hingga mengalami  stres.

Kebiasaan tidur yang buruk

Jadwal tidur yang tidak menentu dapat memastikan kondisi kulit Anda. Elma Baron dari Ohio Skin Study Center di University Hospitals Case Medical Center melakukan penelitian dan menemukan bahwa wanita yang kurang tidur menunjukkan tanda-tanda penuaan kulit dini.

Maka dari itu, set jam tidur dan dapatkan tidur yang cukup setiap hari.

Diet rendah lemak

Dilansir  Allwomenstalk,  ada jenis lemak yang baik untuk tubuh. Lemak dapat membantu mengurangi peradangan pada rosacea dan eksim. Bahkan, lemak dapat mengurangi tumbuhnya jerawat.

Udara kering

Ketika musim kemarau maupun musim hujan, udara dan kering membuat kulit juga terserap kelembapannya. Menurut  Total Beauty , kelembapan kulit yang menurun rentan pada munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Untuk meminimalisir permasalahan terakhir, hidrasi kulit dan perbanyak minum air mineral. Pakailah serta penutup kepala hingga wajah agar tak langsung terpapar.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .