Ingin Punya Ketiak Mulus dan Cerah? Ini Rahasianya!
Ilustrasi (Ana Essentiels/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Banyak wanita mengeluhkan kondisi ketiaknya yang gelap, bertekstur kasar, dan jadi tidak percaya diri untuk pakai baju-baju tak berlengan. Perlu diketahui kalau kulit ketiak kasar dan gelap ini bisa berasal dari kelenjar keringat dan folikel rambut, yang jika tidak dibersihkan dengan benar, bisa menyebabkan penumpukan kulit mati lalu kulit jadi kasar. 

Kalau dirasa mengganggu, Anda bisa melakukan perawatan sederhana berikut ini untuk membuat ketiak lebih cerah dan mulus. 

Berhati-hati dalam mencukur 

Untuk menghilangkan bulu ketiak, kebanyakan orang memilih mencukurnya. Sebenarnya aman-aman saja kalau dilakukan dengan benar. Anda mesti memastikan pisau cukur masih dalam kondisi bagus, tajam, dan tidak berkarat. Kemudian gunakanlah shaving cream untuk membantu proses mencukur agar lebih mudah. Setelah selesai mencukur, jangan langsung pakai deodoran. Lebih baik pakai pelembap atau body lotion

Eksfoliasi kulit ketiak

Tidak hanya wajah dan tubuh saja yang perlu dieksfoliasi, jangan lewatkan area ketiak. Pasalnya, kulit ketiak juga bisa mengalami penumpukan kotoran, baik dari keringat dan sisa deodoran. Penting untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dengan eksfoliasi agar kulit kembali mulus. Tapi tidak perlu digosok kasar juga ya! Pilih scrub dengan butiran halus dan lakukan seminggu sekali. 

Menghilangkan ingrown hair

Ketika Anda mencukur bulu ketiak sendiri, biasanya sering muncul ingrown hair, bulu-bulu tebal dan lebat yang menonjol di bawah permukaan kulit. Ini bisa bikin kulit ketiak Anda jadi lebih gelap dan kasar. Jika sering mengalaminya, lebih baik hindari mencukur sendiri dan mencoba teknik lain seperti waxing atau laser untuk menghilangkan bulu ketiak.  

Masker air mawar 

Untuk mencerahkan kulit ketiak di rumah, Anda bisa bikin masker sendiri. Bahannya mudah dicari dan murah meriah. Anda hanya perlu mencampurkan satu sendok baking soda dengan satu sendok air mawar sampai kental. Kemudian oleskan ke kulit ketiak sampai rata dan diamkan lima menit lalu bilas dengan air bersih.