Benarkah Mengonsumsi Nasi Putih Menyebabkan Diabetes? Berikut Penjelasannya
Nasi Putih (Pille-Riin Priske/Unsplash)

Bagikan:

PALEMBANG- Orang Indonesia menjadikan nasi putih sebagai makanan pokoknya. Biasanya nasi putih dimakan sebanyak tiga kali dalam sehari, dalam porsi banyak juga. 

Dengan berbagai makanan konsumsi manis seperti kue kering, biskuit, permen, teh ditambah manis, dan lainnya tanpa mengimbangi konsumsi sayur dan buah.

Pola makan dan kebiasaan buruk tersebut menyebabkan banyak orang Indonesia terkena masalah kesehatan diabetes. 

Penyakit diabetes itu sendiri bisa berpengaruh sangat besar pada tubuh, yakni berbagai jenis penyakit lain sebagai komplikasi pada penderitanya. Karena, diabetes menjadi penyakit yang sangat diwaspadai.

Mitos Mengenai Hubungan Nasi Putih dengan Diabetes

Melihat efek buruk yang ditimbulkan, banyak orang kerap termakan mitos atau informasi mengenai diabetes. Salah satunya mitos mengenai nasi putih. Banyak orang beranggapan, nasi putih yang menimbulkan penyakit diabetes dibandingkan makanan atau minuman manis lainnya.

Sebenarnya nasi itu sendiri bukan penyebab utama diabetes. Akan tetapi, kebiasaan konsumsi nasi berlebih dan rutin setiap hari turut mendukung perkembangan penyakit diabetes. Faktanya, dalam secangkir nasi putih, yang mengandung 44,5 gram karbohidrat dapat membawa penumpukan lemak dalam tubuh.

Sebuah penelitian dari  Harvard School of Public Health  mengungkapkan makan nasi berlebihan memiliki dampak risiko terkena diabetes tipe 2 (kencing manis). 04 Februari 2021 10:49

Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipan yang paling banyak makan nasi yaitu 3-4 kali per hari, memiliki risiko 1,5 kali lebih banyak terkena diabetes dibandingkan orang yang makan paling sedikit nasi.

Hal ini karena nasi putih termasuk dalam makanan dengan indeks glikemik tinggi dan mengandung zat pati yang bisa membebani tubuh dengan gula darah sehingga meningkatkan risiko terkena diabetes.

Sebagian gede karbohidrat seperti nasi, mie, ATAU pasta, Yang kadar gulanya LEBIH Tinggi Adalah  karbohidrat olahan  ATAU karbohidrat Yang memiliki Struktur Glukosa tunggal ATAU sederhana Dan Telah mengalami Proses Pengolahan MAKANAN berulang kali ATAU Proses Pabrik. Seperti beras yang hilang banyak serat saat diolah.

Tips Konsumsi Nasi Putih yang Baik untuk Kesehatan

Namun, bukan berarti tidak boleh makan nasi agar terhindar dari diabetes. Boleh, asal melaporkan prosnya. Bahkan penderita diabetes masih bisa makan karbohidrat seperti nasi, hanya saja membutuhkan perhitungan tepat saat mengkonsumsinya.

Artinya, anggapan sebagian besar orang yang menyatakan tidak boleh makan nasi bagi penderita diabetes adalah mitos. Masih banyak faktor lain penyebab diabetes, faktor keturunan.

Untuk menghindari risiko terkena diabetes, tipe 2 dapat dilakukan dengan mengurangi asupan karbohidrat berlebih pada menu makan besar. Misalnya mengurangi porsi nasi, roti, atau mie yang biasa dimakan dan menambah asupan protein, sayuran, dan lebih banyak buah-buahan.

 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI.