Aurel Hermansyah Keguguran, Kapan Waktu yang Tepat Umumkan Kehamilan?
Ilustrasi Pengumuman Kehamilan (Kelly Sikkema/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Pada awal bulan Mei lalu, Atta Halilintar membagikan sebuah kabar gembira di mana istrinya, Aurel Hermansyah dinyatakan positif hamil anak pertama mereka. Namun, pada Selasa, 19 Mei, Atta dan Aurel mengunggah postingan di media sosial terkait keguguran yang dialami Aurel.

Banyak spekulasi yang mengatakan bahwa penyebab Aurel keguguran salah satunya karena kedua pasangan tersebut terlalu cepat mengumumkan kehamilan pada khalayak banyak. Ya, Atta dan Aurel memang membagikan kabar bahagia tersebut lewat unggahan video di Youtube saat usia kehamilan Aurel baru menginjak satu minggu.

Menilik kisah dari Atta dan Aurel, sebenarnya kapankah waktu yang tepat untuk mengumumkan kehamilan agar tidak dianggap sesumbar?

Sebenarnya tidak ada aturan baku mengenai waktu yang tepat untuk mengumumkan kehamilan. Tapi memang kebanyakan wanita memilih untuk menyampaikan kabar bahagia ini pada orang terdekat saat kehamilan memasuki akhir trimester pertama. Alasannya simpel karena risiko keguguran mulai menurun setelah masa ini jadi orang tua merasa lebih tenang untuk mengumumkan. 

Selain mengumumkan pada akhir trimester pertama, ada juga calon orang tua yang memilih untuk mengumumkan kehamilan pada saat tanda-tanda kehamilan sudah mulai terlihat, misalnya ukuran perut yang mulai membesar dan perubahan bentuk tubuh. Hal senada juga diungkapkan oleh Aurel melalui video Youtube yang diunggah di kanal Atta Halilintar. Di video tersebut, Aurel mengungkapkan bahwa dokter kandungan menyarankan untuk membagi berita kehamilan setidaknya saat perut ibu mulai membesar untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Namun, ada pula yang mengumumkannya saat sudah mengetahui jenis kelamin bayi, setelah pemeriksaan dokter yang pertama kali, atau setelah mendengar detak jantung Si Kecil ketika pemeriksaan USG dilakukan.

Dilihat dari ragamnya waktu pengumuman kehamilan di atas, bisa disimpulkan bahwa sebenarnya tidak ada patokan pasti kapan waktu yang tepat untuk mengumumkan kehamilan. Sebab, setiap calon orang tua pasti memiliki ketetapan waktu dan keinginan masing-masing untuk menyampaikan kehamilan.