Para Workaholic Wajib Tahu, Berikut 5 Bahaya Kesehatan yang Mengancam Anda
Ilustrasi (Andrea Piacquadio/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG- Bekerja merupakan sebuah catatan dalam hidup. Orang yang tergolong pekerja keras atau workaholic menjadi teladan yang patut diteladani. Memang benar, tak ada yang salah dengan bekerja keras karena hal itu juga akan berpengaruh pada kehidupan di masa datang.

Tetapi, segala sesuatu yang berlebihan itu tak baik, bukan? Begitu pula dengan bekerja. Bahkan beberapa penelitian telah menunjukkan beberapa efek buruk dari berlebihan alias candu kerja pada kesehatan fisik maupun mental.

Untuk dampak negatif dari kerja keras, berikut informasinya seperti dikutip dari Medical News Today, Selasa, 11 Mei.

Depresi

Sebuah studi menunjukkan bahwa candu kerja (terlepas dari tingkat pendidikan di bidangnya) menjadi mangsa depresi. Pada satu titik dalam hidup seseorang, saat di mana prestasi yang tidak sesuai dengan yang diharapkan akan membuat orang tersebut menjadi terasa sangat kosong. 11 Mei 2021 13:50

Lebih cepat menua

Studi lain yang terkait dengan candu kerja ini menunjukkan bahwa para pecandu kerja akan terlihat lebih cepat tua dibandingkan dengan mereka yang menikmati hidup dengan lebih santai. Nah, jika Anda ingin punya penampilan segar dan awet muda lebih lama, bekerjalah dengan seimbang.

Rentan dalam menjalin hubungan

Statistik membuktikan bahwa para pecandu kerja cenderung gagal dalam kehidupan, seperti hubungan pribadi. Kecuali jika Anda memang memiliki keluarga yang sangat memahami dan mendukung secara emosional. Tetapi, dalam hubungan cinta, biasanya Anda akan memiliki kesulitan hubungan yang harmonis jika masih menjadi pecandu kerja.

Stres

Coba periksa lingkungan kerja Anda. Siapa orang terlihat paling stres? Tentu saja, orang-orang yang terobsesi dengan pekerjaan, kekuasaan, dan keinginan untuk jabatan tertentu. Meskipun itu krisis hal buruk, tetapi terlalu terobsesi pada pekerjaan akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Anda bisa saja mengalami stres sehingga mengundang penyakit lainnya untuk menyerang.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI. Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI .